Cara membuat Hak Akses (Privileges) pada user SQL Server (Grant dan Revoke)

Bagaimana cara membuat atau memberi Hak Akses (Privileges) pada sebuah user di SQL Server menggunakan Grant dan Revoke


Pada tutorial kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat atau memberi grant atau revoke hak akses (Privileges) pada user di SQL Server menggunakan syntax Transact SQL (T-SQL). Anda dapat memberi GRANT dan REVOKE hak akses pada berbagai objek database di SQL Server. Kali ini kita akan melihat bagaimana memberi dan menghapus hak akses pada tabel di SQL Server. Memberikan permissions dan menghapus permissions tidak terlalu sulit dilakukan di dalam SQL Server, hanya butuh beberapa waktu untuk menentukan permissions apa yang harus diterapkan.

Sebelumnya anda harus membuat user dahulu pada SQL Server, setelah itu baru kita bisa memberi Hak Akses.

Grant Hak Akses (Privileges) pada  tabel

Anda dapat memberi (Grant) berbagai hak akses ke tabel pada user. Hak akses ini bisa berupa kombinasi SELECT, INSERT, UPDATE, DELETE, REFERENCES, ALTER, atau ALL.

Sintaks

Sintaks untuk memberikan (Grant) hak akses (Privileges) pada tabel di SQL Server adalah:

[GRANT jenis_privileges ON nama_tabel TO nama_user;]

Berikut adalah keterangan dari sintaks diatas:
  1. jenis_privileges adalah jenis hak akses yang dapat diberikan atau dihapuskan 
  2. nama_tabel adalah nama object yang dalam kasus ini adalah nama tabel yang akan diberikan atau dihapuskan hak aksesnya
  3. nama_user adalah nama user yang akan diberikan atau dihapuskan hak aksesnya
Berikut adalah jenis privileges yang bisa digunakan:

PrivilegeKeterangan
SELECTKemampuan untuk menjalankan pernyataan SELECT pada tabel.
INSERTKemampuan untuk menjalankan pernyataan INSERT pada tabel.
UPDATEKemampuan untuk menjalankan pernyataan UPDATE pada tabel.
DELETEKemampuan untuk menjalankan pernyataan DELETE pada tabel.
REFERENCESKemampuan untuk membuat sebuah constraint yang mengacu pada tabel.
ALTERKemampuan untuk menjalankan pernyataan ALTER TABLE untuk merubah definisi tabel.
ALLSEMUA tidak memberikan semua izin untuk tabel. Sebaliknya, ia memberikan izin ANSI-92 yang merupakan SELECT, INSERT, UPDATE, DELETE, dan REFERENCES.
Contoh
Misalkan kita mempunyai sebuah database dengan nama sistem_akademik, sebelumnya kita telah membuat sebuah user SQL Server dengan nama akademik_mahasiswa. Pada database sistem_akademik terdapat sebuah tabel yang bernama tabel mahasiswa. Sekarang kita akan coba membuat atau memberikan hak akses select data pada tabel mahasiswa kepada user akademik_mahasiswa. Berikut adalah skripnya:

[GRANT SELECT ON sistem_akademik.dbo.mahasiswa TO akademik_mahasiswa; ]

Jika anda ingin memberikan dua atau lebih hak akses pada user SQL Server tersebut anda dapat menambahkan tanda koma pada hak akses kedua dan setelahnya, berikut adalah contohnya.

[GRANT SELECT,INSERT,UPDATE ON sistem_akademik.dbo.mahasiswa TO akademik_mahasiswa;]

Jika anda ingin membuat atau memberikan jenis hak akses select,insert,update,delete dan references sekaligus anda bisa menggunakan jenis hak akses ALL, berikut adalah contohnya.

[GRANT ALL ON sistem_akademik.dbo.mahasiswa TO akademik_mahasiswa;]

Revoke hak akses (Privileges) pada tabel

Setelah anda membuat atau memberikan hak akses pada sebuah user SQL Server, anda mungkin perlu mencabut atau menghapus beberapa atau semua hak akses tersebut. Untuk melakukan hal tersebut, anda dapat menjalankan perintah REVOKE. Anda dapat mencabut atau menghapus kombinasi hak akses SELECT, INSERT, UPDATE, DELETE, REFERENCES, ALTER, atau ALL.

Sintaks
Sintaks untuk mencabut hak akses pada tabel di SQL Server adalah:

[REVOKE jenis_privileges ON nama_tabel FROM nama_user;]

Contoh
Misalkan pada database sistem_akademik yang telah kita buat sebelumnya, kita akan mencabut hak akses INSERT untuk tabel mahasiswa pada user akademik_mahasiswa, berikut adalah sintaksnya:

[REVOKE INSERT ON sistem_akademik.dbo.mahasiswa FROM akademik_mahasiswa;]

Selamat mencoba rekan-rekan :)

COMMENTS

Name

Apache,4,Bisnis Online,1,Blog,1,Cpanel,1,CSS,1,Database,1,Framework,1,Hacking,3,HTML,1,HTML and CSS,2,Info,2,Javascript,2,Javascript and AJAX,5,Keamanan Web,1,linux,2,MySQL,3,Networking,1,Open GL,1,Optimasi Website,7,Pemrograman java,1,Pemrograman web,5,PHP,7,phpMyAdmin,1,SEO,4,SQL Injection,3,SQL Server,12,SQLMap,3,Website,1,Xampp,1,
ltr
item
Nanang Gunawan Blog: Cara membuat Hak Akses (Privileges) pada user SQL Server (Grant dan Revoke)
Cara membuat Hak Akses (Privileges) pada user SQL Server (Grant dan Revoke)
Bagaimana cara membuat atau memberi Hak Akses (Privileges) pada sebuah user di SQL Server menggunakan Grant dan Revoke
https://3.bp.blogspot.com/-HWd7ZAeN4zE/WW1bzxLdZJI/AAAAAAAAA90/RsVq0esLnK0FU7IdnwuleVmHzmTc9FULACLcBGAs/s1600/Cara%2Bmembuat%2BHak%2BAkses%2BPrivileges%2Bpada%2Buser%2BSQL%2BServer%2BGrant%2Bdan%2BRevoke.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-HWd7ZAeN4zE/WW1bzxLdZJI/AAAAAAAAA90/RsVq0esLnK0FU7IdnwuleVmHzmTc9FULACLcBGAs/s72-c/Cara%2Bmembuat%2BHak%2BAkses%2BPrivileges%2Bpada%2Buser%2BSQL%2BServer%2BGrant%2Bdan%2BRevoke.jpg
Nanang Gunawan Blog
http://www.nananggunawan.com/2017/07/cara-membuat-hak-akses-privileges-sql-server-grant-revoke.html
http://www.nananggunawan.com/
http://www.nananggunawan.com/
http://www.nananggunawan.com/2017/07/cara-membuat-hak-akses-privileges-sql-server-grant-revoke.html
true
4195327445586723627
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy