Cara Membuat Blog di WordPress.com (Langkah Panduan Lengkap)

Bagaimana cara memulai membuat sebuah blog dengan benar menggunakan paltform blog Wordpress secara gratis di Wordpress.com


Apakah Anda ingin memulai membuat sebuah blog WordPress.com dengan cara yang benar? Kita tahu bahwa untuk memulai membuat sebuah blog bisa menjadi hal yang sangat sulit jika anda sama sekali belum pernah melakukannya.

Pada posting kali ini, saya akan memberikan petunjuk yang tepat tentang cara memulai membuat sebuah blog WordPress secara GRATIS di WordPress.com, tetapi sebelum memulai, baca dulu pernyataan berikut ini:
WordPress.com adalah platform blogging gratis dimana anda bisa membuat sebuah artikel dan posting untuk dibagikan. Namun topik pornografi, perjudian dan farmasi tidak diperbolehkan.

Hal tersebut cukup jelas bukan? Banyak orang cenderung untuk memulai hobi blogging mereka dari wordpress, namun sebagian besar dengan cepat beralih ke custom domain dan mulai menggunakan opsi Wordpress self-host.

Kenapa begitu? Nah, WordPress.com memiliki terlalu banyak batasan dan tidak baik untuk terus blogging pada sub-domain di Wordpess.

Singkatnya, pada dasarnya anda blogging untuk situs web lain. Dalam hal ini blog anda menjadi bagian dari WordPress.com dan alamat URL/link blog anda juga akan menjadi bagian dari domain WordPress.

Berikut adalah beberapa contoh blog yang di-host di WordPress.com:

https://yoandaalimsyahbana.wordpress.com
https://heriyuliantoro.wordpress.com

Jika anda masih bingung dengan perbedaan blog yang di-host sendiri dan blog gratis maka silahkan baca lebih lanjut tentang: WordPress.org (self-hosted) vs WordPress.com (hosted).

Cara Membuat Blog WordPress di WordPress.com

Terdapat beberapa langkah yang perlu anda lakukan untuk membuat sebuah blog di Wordpress.com. Hal pertama yang perlua anda lakukan adalah kunjungi situs WordPress.com dan klik Get started.


Bebarapa hal berikut  adalah yang  harus anda lakukan untuk mengatur blog anda.
  1. Pertama, pilih layout Homepage atau Beranda
  2. Lalu, pilih tema
  3. Selanjutnya pilih domain (alamat blog/nama blog)
  4. Pilih sebuah paket plan
  5. Buat akun anda

Langkah 1. Pilih Layout Homepage

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memilih layout homepage untuk blog anda. Ada empat pilihan yang bisa anda pilih yaitu Start with a blog, Start with a website, Start with a portofolio dan Start with an online store.


Saya akan merekomendasikan "Start with a blog" karena ini adalah format yang paling cocok untuk memulai sebuah blog.

Jika anda adalah seorang fotografer atau memiliki foto yang sangat bagus, maka anda sebaiknya memilih "Start with a portofolio".

Untuk kebutuhan bisnis, pilihan "Start with a website" atau "Start with an online store" adalah pilihan yang paling tepat.

Langkah 2. Memilih Theme

Anda bisa memilih Tema seperti apa yang cocok untuk blog Anda. Jangan khawatir  karena anda masih bisa mengganti tema termasuk warna dan gambar nantinya!

Pilihlah sebuah tema yang menggambarkan seperti apa blog anda atau munkin kepribadian anda. Terkadang seseorang menyukai theme dengan warna yang redup atau lembut tetapi tidak sedikit juga yang menyukai warna yang terang, semua itu tergantung pilihan anda.


Langkah 3. Pilih Alamat Blog atau Nama Blog


Sayangnya, cukup sulit untuk menemukan alamat blog yang unik dan agak catchy di WordPress.com karena kebanyakan sudah diambil oleh pengguna sebelumnya.

Haruskah saya membeli sebuah domain?

Jika Anda mempertimbangkan untuk membeli domain Anda sendiri, WordPress.com bukanlah tempat terbaik untuk melakukannya.

Jangan khawatir, anda tidak perlu membeli domain dari WordPress agar bisa menggunakannya.

Nama blog apa yang harus saya pilih?

Saya sarankan anda untuk terus mencari sampai anda menemukan sesuatu yang baik dan cocok untuk anda. Luangkan waktu dan brainstorming dengan ide dan nama. Jika anda tidak mendapatkan ide untuk nama blog anda, menggunakan nama asli anda sebagai nama blog anda tidak akan jadi masalah.

Beberapa blogger terkenal menggunakan nama mereka sebagai domain, dan hal ini membuat anda tidak akan terkunci untuk menulis tentang satu topik saja.

Setelah anda mendapatkan nama dan alamat blog anda silahkan klik tombol Select

Langkah 4. Pilih Paket Rencana


Setelah anda menyelesaikan langkah-langkah dasar di atas (termasuk nama blog anda), anda perlu mengeklik tombol "Start with Free".

Anda tidak perlu menggunakan versi berbayar karena harganya cukup mahal dan tidak memberi banyak keuntungan.

Langkah 5. Buat akun Anda


Alamat E-mail: Isikan alamat e-mail yang paling sering anda gunakan. Dalam kasus saya akan menggunakan akun Gmail.

Username: Gunakan username yang mudah anda ingat. Saya coba menggunakan nama pribadi saya, tapi sayangnya sudah diambil. Jika username yang anda inginkan tidak tersedia, tambahkan beberapa angka unik. Jangan khawatir, username tidak akan mempengaruhi nama blog anda.

Password: Gunakan password kuat! Saya sarankan anda untuk menggunakan karakter khusus seperti "^^" atau "(/ & #" dan nomor yang berbeda. Ada banyak hacker yang mencoba masuk ke blog akhir-akhir ini.

Bagaimana cara login di Wordpress? 

Sekarang anda hampir selesai! Tapi sebelum anda bisa memulai blogging anda perlu memverifikasi alamat email anda.



Cukup masuk ke email anda dan klik tombol "Confirm Now" (link verifikasi akan muncul dalam beberapa detik pada email anda). Setelah anda selesai melakukannya, silakan login dari https://wordpress.com/log-in.

Berikut adalah tampilan login yang akan anda lihat:



Mengganti tema blog anda 

Silahkan anda log-in pada blog baru anda dan mari kita lanjutkan kembali. Dasbor WordPress cukup mudah dan user-friendly.

Namun, sebelum memulai blogging, anda mungkin ingin mengganti tema atau desain blog anda. Anda bisa melakukannya dengan mengklik "My Site" -> "Themes" (di sidebar kiri).



Seperti yang anda lihat, ada banyak tema yang berbeda yang tersedia. Beberapa dari theme tersebut berbayar dan beberapa di antaranya gratis. Jangan terlalu terburu-buru dan beli tema premium karena harganya cukup mahal.

Mulailah dengan tema gratis dan lihat bagaimana kelanjutannya. Ingatlah bahwa anda dapat mengubahnya kapan pun dan berapa kali pun anda mau.

Pilihlah tema yang bagus, bersih, rapi dan cocok dengan selera pribadi anda. Setelah anda mendapatkan tema yang cocok anda dapat mengaktifkan tema tersebut dengan cara, klik pada gambar tema tersebut kemudian klik "Activate this design".

Membuat posting pertama anda

Untuk membuat posting anda bisa menggunakan tombol Add yang berada disebelah kanan menu "Blog Posts".


Ketika anda telah selesai mebuat artikel anda, silahkan klik Publish untuk menampilkan post tersebut pada Blog anda.

Sekarang Anda Tahu Cara Membuat Blog WordPress

Seperti yang anda lihat, itu tidak sulit sama sekali. Bahkan, hanya butuh waktu sekita 5 Menit. Saya harap anda tahu bagaimana cara memulai membuat blog WordPress sendiri sekarang.

Jika anda memutuskan untuk membuat blog anda pada domain dan hosting pribadi (self hosted), saya akan buat tutorialnya pada artikel selanjutnya. Jika anda memiliki pertanyaan, silakan membagikannya melalui komentar di bawah ini.

COMMENTS

Nama

Apache,4,Bisnis,1,Bisnis Online,1,Blog,10,Blogger,6,Cpanel,1,CSS,1,Database,1,Framework,1,Hacking,3,HTML,1,HTML and CSS,2,Info,2,Javascript,2,Javascript and AJAX,5,Keamanan Web,1,linux,2,MySQL,3,Networking,1,Open GL,1,Optimasi Website,7,Pemrograman java,1,Pemrograman web,5,PHP,7,phpMyAdmin,1,SEO,4,SQL Injection,3,SQL Server,13,SQLMap,3,UMKM,2,Website,1,Wordpress,4,Xampp,1,
ltr
item
Nanang Gunawan Blog: Cara Membuat Blog di WordPress.com (Langkah Panduan Lengkap)
Cara Membuat Blog di WordPress.com (Langkah Panduan Lengkap)
Bagaimana cara memulai membuat sebuah blog dengan benar menggunakan paltform blog Wordpress secara gratis di Wordpress.com
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjNOHRobcR4GJA-qfIjCF8nVfyibwCXMSXw5BivheYGpM9DoHASuE8GCBJVUAErWE0gc3RQ_9BVAzt4N71ucDvCfHzoHqTt-JXyNEtXuSy0y7Vo1_0KW2mHZuhm4D5yOcLFcU8HZxaB2oU/s1600/Cara+Membuat+Blog+di+WordPress.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjNOHRobcR4GJA-qfIjCF8nVfyibwCXMSXw5BivheYGpM9DoHASuE8GCBJVUAErWE0gc3RQ_9BVAzt4N71ucDvCfHzoHqTt-JXyNEtXuSy0y7Vo1_0KW2mHZuhm4D5yOcLFcU8HZxaB2oU/s72-c/Cara+Membuat+Blog+di+WordPress.jpg
Nanang Gunawan Blog
https://www.nananggunawan.com/2017/08/cara-membuat-blog-wordpress-com.html
https://www.nananggunawan.com/
https://www.nananggunawan.com/
https://www.nananggunawan.com/2017/08/cara-membuat-blog-wordpress-com.html
true
4195327445586723627
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content