Cara Optimasi SEO pada HTML Heading Tag

Bagaimana cara optimasi SEO pada Heading Tag yang digunakan untuk membedakan judul dan sub-judul dari halaman dari sisi isi


Kali ini kita akan membahas bagaimana cara optimasi SEO pada Heading Tag.
Tag HTML Header digunakan untuk membedakan judul dan sub-judul dari halaman dari sisi isi. Tag ini juga dikenal webmaster sebagai Heading Tag atau Header Tag.

Heading Tag yang paling penting adalah tag h1 kemudian diikuti h2,h3,h4,h5 dan terakhir h6. Dalam coding HTML, tag heading dari h1 ke h6 membentuk hirarki top-down. Ini berarti bahwa jika anda melewatkan salah satu nomor tag maka struktur heading akan rusak, sehingga tidak ideal untuk on-page SEO.

Misalnya, jika situs Anda dimulai dengan tag h1 kemudian diikuti oleh tag h3, maka hirarki akan rusak, yang berarti struktur halaman menjadi tidak SEO-friendly. Idealnya, setiap halaman harus memiliki tag h1 tidak lebih dari satu.

Keuntungan Menggunakan Heading Tag

Heading Tag digunakan untuk mewakili bagian yang berbeda dari konten halaman web. Ini memiliki dampak pada SEO dan kegunaan dari situs anda.

Tag Header dari sudut pandang SEO

  • Relevansi: Untuk membangun relevansi, mesin pencari membandingkan kata-kata dalam tag header dengan bagian konten yang terkait. Oleh karena itu penting untuk menyertakan kata kunci yang anda ingin targetkan dalam tag header dengan kata kunci utama anda dalam tag h1. 
  • Konsistensi Keyword :  Spider atau bot mesin pencari memeriksa konsistensi kata kunci di antara tag header dan bagian lain dari halaman. 
  • Pentingnya Tag h1: h1 adalah tag yang paling penting dan tidak boleh dilewatkan pada halaman. Spider atau bot mesin pencari memperhatikan kata-kata yang digunakan dalam tag h1 karena harus berisi deskripsi dasar dari konten halaman, sama seperti judul halaman. 
  • Memberikan User Experience: Heading tag memberikan pembaca gagasan yang jelas tentang apa isi halaman anda. Search engine juga memberikan User Experience pada sebuah halaman, berarti kehadiran Heading Tag menjadi komponen penting dari SEO.

Header Tag dari sudut pandang kegunaan

  • Untuk pembaca web yang harus menggunakan screen reader, lebih mudah untuk menavigasi bagian dari konten dengan mengacu pada judul terstruktur dengan baik pada halaman.
  • Tag heading h1 (judul utama) halaman memberikan pembaca gambaran singkat dari konten yang ada pada halaman tersebut.
  • Dengan membaca  heading tag yang berbeda, pembaca dapat memindai halaman dan hanya membaca yang menarik saja.
  • Kegunaan utama dari Heading Tag adalah untuk SEO, bukan untuk mendapatkan  font yang lebih besar, tetapi presentasi halaman web memang terlihat lebih bersih dengan kehadiran tag ini.

Hal yang seharusnya tidak anda lakukan dengan Heading Tag

  • Jangan isi Heading Tag hanya dengan keyword.
  • Jangan menggunakan lebih dari satu tag h1 pada halaman. Biasanya halaman akan memiliki heading h1 tunggal, jika terdapat dua h1 mungkin akan membuat mesin pencari berpikir ini sebagai upaya untuk memasukkan beberapa keyword untuk SEO di beberapa tag h1. Lebih baik untuk membagi konten menjadi dua topik terpisah pada setiap halaman dengan tag h1 mereka sendiri. Ini lebih masuk akal untuk pembaca dan spider atau bot mesin pencari, namun, menggunakan beberapa tag h1 diperbolehkan.
  • Jangan menggunakan heading tag sebagai teks tersembunyi. Teks tersembunyi dapat mengakibatkan hukuman untuk situs anda, terutama jika bagian tersembunyi adalah komponen yang mepunyai efek pada SEO.
  • Jangan ulangi Heading Tag pada halaman yang berbeda dari situs anda. Sebaiknya anda menggunakan Heading Tag unik di seluruh situs anda. Hindari menggunakan konten identik untuk halaman  h1 tag dan meta title tag.
  • Jangan gunakan Heading Tag untuk styling teks (tampilan teks) tetapi gunakanlah untuk menyajikan konten yang terorganisir dan terstruktur. Gunakan stylesheet CSS untuk tujuan styling.

COMMENTS

BLOGGER: 2
  1. wah, rumit juga ternyata SEO. tapi artikelnya bikin penasaran pengen ane coba di blog ane.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Nama

Apache,4,Bisnis,1,Bisnis Online,1,Blog,10,Blogger,6,Cpanel,1,CSS,1,Database,3,Framework,1,Hacking,3,HTML,1,HTML and CSS,2,Info,2,Javascript,2,Javascript and AJAX,5,Keamanan Web,1,linux,2,Muslim,1,MySQL,3,Networking,1,Open GL,1,Optimasi Website,7,Pemrograman java,1,Pemrograman web,5,PHP,7,phpMyAdmin,1,SEO,4,SQL,2,SQL Injection,3,SQL Server,13,SQLMap,3,UMKM,2,Umroh,1,Website,1,Wordpress,4,Xampp,1,
ltr
item
Nanang Gunawan Blog: Cara Optimasi SEO pada HTML Heading Tag
Cara Optimasi SEO pada HTML Heading Tag
Bagaimana cara optimasi SEO pada Heading Tag yang digunakan untuk membedakan judul dan sub-judul dari halaman dari sisi isi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgDL7Dp-gqMVZZNHppCcba2st2VUDjwn74QHPChJQJKMU-hrGhMQMBglz-0IEV46I0bnnClJFilwvJW8YqVRTD4pYem4Uivkizu4e9AhqbuD9tkpeSNPiaalvJuv5h6naTNK5k7Lv3043k/s1600/Heading+Tag.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgDL7Dp-gqMVZZNHppCcba2st2VUDjwn74QHPChJQJKMU-hrGhMQMBglz-0IEV46I0bnnClJFilwvJW8YqVRTD4pYem4Uivkizu4e9AhqbuD9tkpeSNPiaalvJuv5h6naTNK5k7Lv3043k/s72-c/Heading+Tag.jpg
Nanang Gunawan Blog
https://www.nananggunawan.com/2016/11/cara-optimasi-seo-pada-html-heading-tag.html
https://www.nananggunawan.com/
https://www.nananggunawan.com/
https://www.nananggunawan.com/2016/11/cara-optimasi-seo-pada-html-heading-tag.html
true
4195327445586723627
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content