Skip to main content

Cara Optimasi SEO pada HTML Heading Tag


Kali ini kita akan membahas bagaimana cara optimasi SEO pada Heading Tag.
Tag HTML Header digunakan untuk membedakan judul dan sub-judul dari halaman dari sisi isi. Tag ini juga dikenal webmaster sebagai Heading Tag atau Header Tag.

Heading Tag yang paling penting adalah tag h1 kemudian diikuti h2,h3,h4,h5 dan terakhir h6. Dalam coding HTML, tag heading dari h1 ke h6 membentuk hirarki top-down. Ini berarti bahwa jika anda melewatkan salah satu nomor tag maka struktur heading akan rusak, sehingga tidak ideal untuk on-page SEO.

Misalnya, jika situs Anda dimulai dengan tag h1 kemudian diikuti oleh tag h3, maka hirarki akan rusak, yang berarti struktur halaman menjadi tidak SEO-friendly. Idealnya, setiap halaman harus memiliki tag h1 tidak lebih dari satu.

Keuntungan Menggunakan Heading Tag

Heading Tag digunakan untuk mewakili bagian yang berbeda dari konten halaman web. Ini memiliki dampak pada SEO dan kegunaan dari situs anda.

Tag Header dari sudut pandang SEO

  • Relevansi: Untuk membangun relevansi, mesin pencari membandingkan kata-kata dalam tag header dengan bagian konten yang terkait. Oleh karena itu penting untuk menyertakan kata kunci yang anda ingin targetkan dalam tag header dengan kata kunci utama anda dalam tag h1. 
  • Konsistensi Keyword :  Spider atau bot mesin pencari memeriksa konsistensi kata kunci di antara tag header dan bagian lain dari halaman. 
  • Pentingnya Tag h1: h1 adalah tag yang paling penting dan tidak boleh dilewatkan pada halaman. Spider atau bot mesin pencari memperhatikan kata-kata yang digunakan dalam tag h1 karena harus berisi deskripsi dasar dari konten halaman, sama seperti judul halaman. 
  • Memberikan User Experience: Heading tag memberikan pembaca gagasan yang jelas tentang apa isi halaman anda. Search engine juga memberikan User Experience pada sebuah halaman, berarti kehadiran Heading Tag menjadi komponen penting dari SEO.

Header Tag dari sudut pandang kegunaan

  • Untuk pembaca web yang harus menggunakan screen reader, lebih mudah untuk menavigasi bagian dari konten dengan mengacu pada judul terstruktur dengan baik pada halaman.
  • Tag heading h1 (judul utama) halaman memberikan pembaca gambaran singkat dari konten yang ada pada halaman tersebut.
  • Dengan membaca  heading tag yang berbeda, pembaca dapat memindai halaman dan hanya membaca yang menarik saja.
  • Kegunaan utama dari Heading Tag adalah untuk SEO, bukan untuk mendapatkan  font yang lebih besar, tetapi presentasi halaman web memang terlihat lebih bersih dengan kehadiran tag ini.

Hal yang seharusnya tidak anda lakukan dengan Heading Tag

  • Jangan isi Heading Tag hanya dengan keyword.
  • Jangan menggunakan lebih dari satu tag h1 pada halaman. Biasanya halaman akan memiliki heading h1 tunggal, jika terdapat dua h1 mungkin akan membuat mesin pencari berpikir ini sebagai upaya untuk memasukkan beberapa keyword untuk SEO di beberapa tag h1. Lebih baik untuk membagi konten menjadi dua topik terpisah pada setiap halaman dengan tag h1 mereka sendiri. Ini lebih masuk akal untuk pembaca dan spider atau bot mesin pencari, namun, menggunakan beberapa tag h1 diperbolehkan.
  • Jangan menggunakan heading tag sebagai teks tersembunyi. Teks tersembunyi dapat mengakibatkan hukuman untuk situs anda, terutama jika bagian tersembunyi adalah komponen yang mepunyai efek pada SEO.
  • Jangan ulangi Heading Tag pada halaman yang berbeda dari situs anda. Sebaiknya anda menggunakan Heading Tag unik di seluruh situs anda. Hindari menggunakan konten identik untuk halaman  h1 tag dan meta title tag.
  • Jangan gunakan Heading Tag untuk styling teks (tampilan teks) tetapi gunakanlah untuk menyajikan konten yang terorganisir dan terstruktur. Gunakan stylesheet CSS untuk tujuan styling.

Comments

  1. wah, rumit juga ternyata SEO. tapi artikelnya bikin penasaran pengen ane coba di blog ane.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tutorial SQL Injection Menggunakan SQLMap

Kali ini kita akan membahas tutorial hacing dengan teknik SQL Injection menggunakan tool SQLMap untuk melakukan hacking atau serangan pada website berbasis data dengan tujuan untuk menemukan kerentanan keamanan pada website tersebut. SQL Injection adalah teknik injeksi code yang digunakan untuk melakukan serangan pada aplikasi web berbasis data di mana pernyataan malicious SQL dimasukkan ke dalam entri untuk di eksekusi (misalnya untuk menampilkan konten database ke penyerang). SQL injection dapat mengeksploitasi kerentanan keamanan pada perangkat lunak aplikasi, misalnya saat user salah melakukan filter inputan untuk pengiriman karakter yang disematkan dalam pernyataan SQL atau inputan user tidak diketik dengan benar dan tanpa diduga dieksekusi. SQL Injection lebih dikenal sebagai vektor serangan untuk sebuah situs web namun juga dapat digunakan untuk menyerang semua jenis database SQL. Apa itu SQLMap SQLMap adalah salah satu tool otomatis untuk melakukan SQL Injection yang

Penjumlahan dan pengurangan tanggal di PHP

Penjumlahan (tambah) dan pengurangan (kurang) tanggal di PHP sering  kita jumpai di beberapa kasus pembuatan sistem seperti pembuatan fitur peminjaman, perizinan, pemesanan dan lain-lain. Kali ini kita akan membahas bagaimana  suatu tanggal dapat di tambah atau di kurangi dengan hari, bulan dan tahun. Ok langsung saja kita bahas materinya!

Mencari Selisih Tanggal di PHP

Ini adalah panduan sederhana tentang bagaimana mencari atau menghitung selisih antara dua tanggal di PHP. Pastikan untuk mencoba contoh di bawah jika Anda baru mengenal topik ini.  Hal ini sering kita jumpai pada kasus-kasus pembuatan aplikasi berbasis web (PHP) seperti: Menghitung waktu keterlambatan pada aplikasi pencatatan presensi pegawai Menghitung umur karyawan dan masa kerja pada sistem kepegawaian Menghitung lama pengerjaan project pada sistem manajemen project Mencari atau menghitung waktu keterlambatan atau peminjaman pada sistem pustaka Mencari atau Menghitung durasi peminjaman pada sistem rental mobil/motor  dan pada kasus-kasus pembuatan sistem/aplikasi lainnya Mencari selisih tanggal di PHP menggunakan kelas DateTime Untuk mencari atau  menghitung jumlah selisih hari dari dua tanggal PHP kita akan menggunakan DateTime class dengan fungsi diff, cara ini sangat mudah karena lebih bersih dan menyediakan antarmuka OO (Object Oriented). Kelas ini tersedia pa