Skip to main content

Tips Menulis atau Membuat Artikel Bagus dan Berkualitas


Menulis atau membuat artikel blog sama halnya seperti menulis buku, novel dan lainnya yang membutuhkan sebuah keterampilan. Agar pembaca tetap tertarik, anda harus memikirkan struktur artikel dan menulis teks yang menarik. Anda dapat membantu pembaca memahami gagasan utama posting anda dengan memberikan judul, subjudul dan paragraf yang jelas. Jika orang mengerti dan menyukai teks anda, mereka cenderung akan share, like, tweet, dan memberi backlink pada posting artikel anda. Hal itu akan meningkatkan rangking anda pada search engine. Jadi, untuk meningkatkan rangking anda pada Google dan mesin pencari lainnya, pastinya anda harus mencoba memaksimalkan kemampuan menulis anda.

Bagi sebagian orang, menulis artikel untuk tujuan SEO dan menulis artikel untuk menarik dan memikat pengunjung bisa tampak sebagai dua tujuan yang bertolak belakang. Hal itu sama sekali tidak benar. Memang, jika anda tidak hanya menginginkan posting blog yang bagus tapi juga SEO-friendly, kata-kata yang ingin anda tentukan seharusnya berada di tempat yang sangat menonjol. Tapi, menggunakan keyword anda terlalu sering  dapat merusak pembacaan teks anda. Jadi, anda tidak harus melakukan hal tersebut.
BACA JUGA
SEO itu Penting
Pada posting kali ini, saya ingin memberikan beberapa tips tentang penulisan artikel yang bagus dan berkualitas yang dapat menarik pengunjung sekaligus SEO-friendly. Seharusnya dua tujuan itu dapat berjalan beriringan.

Tips untuk menulis artikel blog yang bagus dan berkualitas

Sebelumnya, anda hanya harus membuat tulisan artikel blog yang bagus! Banyak blogger pemula mulai menulis saat membuat blog baru. Mereka hanya menulis apa yang terlintas dalam pikiran mereka. Bagi sebagian orang, mungkin hal ini dirasa cukup karena itu adalah bakat menulis alami anda, tetapi munkin sebagian orang lagi merasa hal tersebut belum cukup untuk mereka. Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menulis artikel yang bagus dan berkualitas.

1. Pikirkan sebelum anda menulis !

Berpikirlah keras tentang teks artikel anda. Apa yang ingin anda sampaikan kepada pembaca atau pertanyaan mana yang ingin anda tanyakan? Apa tujuan dari artikel anda? Dan apa yang anda inginkan pembaca lakukan di akhir halaman? Tuliskan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini sebelum anda mulai menulis.

2. Tuliskan struktur artikel blog anda

Mulailah menulis artikel blog anda dengan membuat struktur yang jelas. Setiap artikel harus memiliki:
  • Teks pengantar atau kata pembuka (perkenalan topik anda);
  • Inti artikel (pesan utana artikel anda);
  • Sebuah kesimpulan (yang harus merangkum gagasan paling penting atau menyimpulkan beberapa gagasan baru).
Tuliskan apa yang ingin anda tulis di ketiga bagian ini. Sekarang anda telah memiliki semacam ringkasan artikel dan anda bisa memulai menulis artikel anda.

3. Gunakan paragraf

Semua orang tentunya menggunakan paragraf, hal yang dimaksudkan disini adalah menggunakan paragraf yang masuk akal. Jangan memulai kalimat baru pada baris baru, hanya karena tampilannya bagus. Seharusnya ada alasan untuk membuat paragraf baru. Setiap paragraf harus memiliki ide utama atau subjek utama. Tanyakan pada diri anda apa gagasan utama masing-masing paragraf. Anda harus bisa memahami gagasan utama itu hanya dalam satu kalimat saja. Jika anda membutuhkan lebih banyak kalimat, anda memerlukan lebih banyak paragraf.

4. Gunakan heading

Terapkan struktur heading pada seluruh halaman, jadi anda sebaiknya menggunakan Heading. Heading sangat penting bagi pembaca untuk memahami isi artikel anda, sekaligus juga untuk SEO. Heading membantu Google untuk memahami topik utama dari sebuah artikel yang panjang dan mempengaruhi peringkat blog anda. Jika anda ingin pembaca menemukan yang mereka inginkan dalam artikel anda, anda harus menggunakan subheading. Subheading akan membantu pengunjung anda, membantu mereka memahami halaman anda, dan memperjelas struktur artikel anda. Pastikan anda menggunakan keyword anda di beberapa subheading. Jangan gunakan keyword pada semua dan setiap heading pada artikel anda.

5. Gunakan kata-kata isyarat

Kata-kata isyarat membantu orang untuk mengamati teks anda dan membantu orang untuk memahami gagasan utamanya. Misalnya, katakanlah ada tiga alasan bagi orang untuk membeli produk anda. Anda harus menggunakan kata-kata isyarat seperti: 'pertama-tama'; 'Kedua' dan 'akhirnya'. Juga, kata-kata seperti 'bagaimanapun', 'pasti' dan 'memang' memberi sinyal yang jelas kepada pembaca anda. Pembaca akan langsung menyimpulkan bahwa kesimpulan akan menyusul setelah kata-kata seperti 'akibatnya', 'jadi' atau 'untuk alasan ini'. Oleh karena itu, kata-kata sinyal sangat penting untuk menyusun teks anda.

6. Biarkan orang lain membaca artikel anda

Sebelum mempublikasikan posting artikel anda, biarkan orang lain atau rekan anda membaca artikel anda terlebih dahulu. Tanyakan kepadanya apakah dia memahami gagasan utama dari artikel anda. Minta mereka untuk memeriksa kesalahan ketik (typo) dan kalimat yang benar yang tidak dirumuskan dengan benar.

7. Optimalkan panjang artikel anda

Pastikan artikel anda memiliki minimal 300 kata. Google suka artikel panjang, jika artikel anda terlalu panjang, mungkin akan mengurungkan niat pengunjung untuk membaca artikel anda. Jadi coba hentikan sekitar 700 kata. Dan, sebagai pedoman umum: cobalah memasukkan istilah pencarian anda sekitar 1 sampai 2 persen  dari teks artikel anda. Jadi dalam artikel 300 kata, anda harus menyebutkan istilah pencarian anda 3 sampai 6 kali.

8. Link ke artikel sebelumnya

Jika anda telah menulis beberapa konten sebelumnya tentang topik artikel anda saat ini, jangan lupa untuk membuat link pada artikel yang baru saja anda buat. Ini akan membuat artikel anda lebih kuat karena anda menunjukkan keterkaitan pada subject tersebut. Di samping itu, struktur link anda penting untuk rangking anda pada mesin pencari seperti Google. Dan tentu saja, pembaca anda mungkin tertarik dengan artikel anda sebelumnya.

9. Tambahkan konten secara teratur

Menambahkan informasi aktual dan fungsional ke situs blog/web anda akan memberi tahu Google bahwa situs web anda tetap aktif dan hidup. Jika blog anda bukan situs web yang aktif, Google akan jarang merayapinya. Hal ini dapat mempengaruhi peringkat anda secara negatif. Untuk blog yang aktif mereka dapat mempublish 2-3 artikel dalam satu hari, ada juga yang publish satu artikel setiap hari. Seharusnya tidak masalah jika anda hanya bisa membuat satu artikel dalam 2-4 hari asalkan artikel yang anda buat bagus dan berkualitas, tentunya anda harus tetap konsisten untuk menulis.

10. Gunakan Plugin SEO

Tools untuk analisis SEO konten sudah banyak tersedia diinternet, salah satu tools atau plugin analisia SEO yang paling banyak digunakan adalah YOAST SEO, plugin ini terdapat pada platform blog Wordpress, sayangnya tools analisis SEO tidak tersedia pada Platform blog seperti Blogger.
Plugin SEO Yoast membantu anda menulis posting blog yang SEO-friendly. Anda bisa memulai dengan memilih focus keyword anda. Ini adalah istilah pencarian yang paling penting yang anda inginkan agar orang menemukan halaman blog anda. Plugin ini akan memeriksa artikel anda untuk melihat apakah anda menggunakan keyword pada tempat yang tepat, dan juga mengukur beberapa aspek teks artikel lainnya. 

Kesimpulan

Era di mana beberapa tips dan trik SEO cukup untuk membuat situs anda memiliki peringkat tinggi di Google telah lama berakhir. Saat ini, konten yang bagus adalah raja. Dan konten yang bagus dan berkualitas juga memunkinkan anda mendapatkan Facebook like dan share, tweet dan mengembalikan pengunjung ke situs/blog anda. Tentu saja, Anda dapat melakukan beberapa hal ekstra untuk memaksimalkan keramahan SEO dari artikel anda, namun yang terpenting adalah menulis artikel yang bagus dan berkualitas!

Comments

  1. thanks for sharing, kece tipsnya untuk blogger baru dikiti viewers kayak saya hhe

    ReplyDelete
  2. Sepertinya lebih dikit saya deh hihi, tapi yang penting tetap terus belajar. :)

    ReplyDelete
  3. Terima kasih mas infonya, biar bisa di pucuk nih :)

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. rekomendasi banget buat para blogger terutama blogger indonesia dan saya salah satunya.. terima kasih telah berbagi ilmu

    ReplyDelete
  6. Sama-sama mas Eka, semoga menambah semangat kita untuk menulis...

    ReplyDelete
  7. Pembuatan artikel berkualitas yaitu pembahasan yang lengkap dan mendalam serta memakai refernsi yang lengkap dan valid tapi ringan dibaca...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tutorial SQL Injection Menggunakan SQLMap

Kali ini kita akan membahas tutorial hacing dengan teknik SQL Injection menggunakan tool SQLMap untuk melakukan hacking atau serangan pada website berbasis data dengan tujuan untuk menemukan kerentanan keamanan pada website tersebut. SQL Injection adalah teknik injeksi code yang digunakan untuk melakukan serangan pada aplikasi web berbasis data di mana pernyataan malicious SQL dimasukkan ke dalam entri untuk di eksekusi (misalnya untuk menampilkan konten database ke penyerang). SQL injection dapat mengeksploitasi kerentanan keamanan pada perangkat lunak aplikasi, misalnya saat user salah melakukan filter inputan untuk pengiriman karakter yang disematkan dalam pernyataan SQL atau inputan user tidak diketik dengan benar dan tanpa diduga dieksekusi. SQL Injection lebih dikenal sebagai vektor serangan untuk sebuah situs web namun juga dapat digunakan untuk menyerang semua jenis database SQL. Apa itu SQLMap SQLMap adalah salah satu tool otomatis untuk melakukan SQL Injection yang

Penjumlahan dan pengurangan tanggal di PHP

Penjumlahan (tambah) dan pengurangan (kurang) tanggal di PHP sering  kita jumpai di beberapa kasus pembuatan sistem seperti pembuatan fitur peminjaman, perizinan, pemesanan dan lain-lain. Kali ini kita akan membahas bagaimana  suatu tanggal dapat di tambah atau di kurangi dengan hari, bulan dan tahun. Ok langsung saja kita bahas materinya!

Mencari Selisih Tanggal di PHP

Ini adalah panduan sederhana tentang bagaimana mencari atau menghitung selisih antara dua tanggal di PHP. Pastikan untuk mencoba contoh di bawah jika Anda baru mengenal topik ini.  Hal ini sering kita jumpai pada kasus-kasus pembuatan aplikasi berbasis web (PHP) seperti: Menghitung waktu keterlambatan pada aplikasi pencatatan presensi pegawai Menghitung umur karyawan dan masa kerja pada sistem kepegawaian Menghitung lama pengerjaan project pada sistem manajemen project Mencari atau menghitung waktu keterlambatan atau peminjaman pada sistem pustaka Mencari atau Menghitung durasi peminjaman pada sistem rental mobil/motor  dan pada kasus-kasus pembuatan sistem/aplikasi lainnya Mencari selisih tanggal di PHP menggunakan kelas DateTime Untuk mencari atau  menghitung jumlah selisih hari dari dua tanggal PHP kita akan menggunakan DateTime class dengan fungsi diff, cara ini sangat mudah karena lebih bersih dan menyediakan antarmuka OO (Object Oriented). Kelas ini tersedia pa