8 Manfaat Aplikasi Kasir Digital Untuk UMKM

Manfaat aplikasi kasir digital untuk UMKM sangat banyak sekali. Selain memudahkan para pebisnis melakukan pencatatan atau pebisnis dapat mengontrol ma

Manfaat aplikasi kasir digital untuk UMKM sangat banyak sekali. Selain memudahkan para pebisnis melakukan pencatatan atau pebisnis dapat mengontrol manajemen keuangan secara praktis.

Konsep aplikasi kasir digital ini memang sengaja dirancang untuk menggantikan sistem pembukuan tradisional yang memiliki banyak kekurangan. Mulai dari kesalahan data, human error, buku rusak, dan sebagainya.

Jika saat ini kamu masih menggunakan sistem pencatatan keuangan tradisional, cobalah untuk membuka mata dan mencoba aplikasi kasir digital ini. Biar lebih mudahnya, kamu bisa simak keuntungan menggunakan aplikasi kasir digital berikut ini.

Apa Itu Aplikasi Kasir Digital?

Aplikasi kasir digital merupakan pengembangan baru dari sistem pembukuan tradisional ke modern. Menariknya, aplikasi ini tidak hanya mencatat penjualan setiap harinya tetapi juga membantu pebisnis untuk melacak arus keuangan saat menjalankan bisnis.

Saat ini, banyak masyarakat yang mulai aktif membangun bisnisnya sendiri. Melihat pertumbuhan jumlah pengusaha saat ini, akhirnya dibuatlah aplikasi kasir digital dengan fokus memberikan layanan pembukuan dan manajemen yang lebih praktis dan efisien untuk pebisnis skala kecil hingga besar.

Manfaat Aplikasi Kasir Digital Untuk UMKM

Jangan ragu untuk beralih dari metode pencatatan keuangan tradisional atau manual ke aplikasi kasir digital, karena aplikasi ini akan memberi banyak keuntungan buat kamu, lo.

Ingin tahu apa saja? Yuk simak keuntungannya di bawah ini.

1. Efisiensi Waktu

Saat berjualan secara manual tanpa memiliki aplikasi kasir digital, kamu akan lebih sering membuang waktu untuk melihat buku catatan untuk mengetahui produk mana yang paling laris terjual.

Jika kamu masih memiliki jenis produk yang sedikit, hal ini mungkin tidak akan bermasalah. Tapi, jika kamu memiliki ratusan jenis produk yang berbeda, tentu hal ini akan sangat melelahkan.

Hal ini juga berlaku saat kamu mencatat setiap hasil penjualan harian secara manual. Ketahuilah, pencatatan tradisional ini memiliki banyak kekurangan, mulai dari nota yang duplikat, waktu yang terbuang percuma, kesalahan menjumlah penjualan, dan masih banyak lainnya.

Tapi, hal itu tidak akan terjadi jika kamu menggunakan aplikasi kasir digital yang hanya menghabiskan waktu 15 sampai 60 menit saja untuk menjumlahkan total pembelian. 

2. Melayani Dengan Cepat

Manfaat aplikasi kasir digital selanjutnya memungkinkan kamu untuk memberikan pelayanan ke konsumen secara cepat. 

Hal ini bisa terjadi karena aplikasi kasir digital memiliki sistem manajemen yang praktis dan mudah dioperasikan sehingga staff dapat melayani konsumen dengan cepat.

Mulai dari mencari meja yang masih kosong, menghitung total penjualan, hingga menyediakan varian metode pembayaran.

3. Sistem Manajemen Pemesanan yang Mudah

Saat bisnis sedang ramai, biasanya staff restoran atau kafe sering kesulitan menghandle pesanan para konsumen. Biasanya, dalam kondisi tersebut akan ada beberapa konsumen yang merasa di abaikan, kesalahan pemesanan produk, dan masih banyak lainnya.

Disinilah peran aplikasi kasir digital dibutuhkan oleh para karyawan kamu. Aplikasi ini akan bekerja dengan cepat untuk memproses pesanan makanan atau produk yang diinginkan konsumen, menghitung total penjualan, mengurangi persediaan stok barang, hingga mencetak kwitansi pembayaran.

4. Sistem Keamanan Tertinggi

Dalam berbisnis, pasti kita akan menemukan banyak kecurangan yang tidak diinginkan, seperti penipuan data transaksi penjualan. Aplikasi kasir digital inilah yang dapat mengurangi risiko tindakan nakal pegawai.

Selain hal tersebut, aplikasi digital juga meminimalisir adanya duplikasi data dan kebocoran data. Karena, sistem aplikasi sudah dilindungi dengan password PIN yang hanya diketahui oleh sebagian orang saja.

5. Mengontrol Ketersediaan Stok Barang

Manfaat aplikasi kasir digital selanjutnya adalah memudahkan kamu mengontrol dan mengetahui ketersediaan stok barang dan mengetahui produk mana yang paling banyak dibeli oleh konsumen.

Bahkan, hal ini bisa kamu lakukan hanya dalam waktu 5-10 menit saja melalui smartphone atau tablet yang sudah diinstal aplikasi tersebut.

6. Analisa Bisnis

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika aplikasi kasir dapat dengan cepat dan akurat menunjukkan jumlah total penjualan dan stok barang yang tersisa, maka kamu akan mendapat data penjualan bisnis yang akurat.

Dengan begitu, kamu dapat mengetahui produk apa saja yang tidak laku dan laku di konsumen kamu. Jadi, kamu bisa meminimalisir pembelian barang yang tidak laku di pasar dan mengalihkan modal tersebut untuk barang yang laris.

Selain itu, data tersebut juga bisa menjadi acuan untuk membuat strategi bisnis dan pemasaran di masa depan yang lebih efektif untuk bisnis kamu.

7. Hemat Biaya Pemeliharaan dan Perbaikan

Jika kita bandingkan dengan mesin kasir pada umumnya, aplikasi kasir digital tentu jauh lebih tahan lama dan canggih.

Bahkan, kamu mungkin tidak perlu rutin memanggil operator untuk melakukan pemeliharaan atau perbaikan mesin. Hal yang kamu butuhkan hanyalah seperangkat gadget seperti smartphone atau tablet. 

Kedua gadget tersebut tidak memerlukan pemeliharaan secara rutin. Apabila terjadi masalah teknis di dalam aplikasi, operator atau pihak aplikasi dapat memperbaiki sistem aplikasi secara mobile tanpa harus mengunjungi kafe atau tempat bisnis kamu.

8. Kontrol Keseluruhan Bisnis Dalam Satu Genggaman

Manfaat terakhir dari aplikasi ini adalah, kamu tidak perlu lagi menyimpan buku kas, buku stok barang, dan buku-buku lainnya untuk mencatat seluruh aktivitas bisnis.

Hanya dalam satu genggaman saja, kamu bisa melihat seluruh kegiatan dan aktivitas bisnis secara akurat. Bahkan, aplikasi ini sudah dilengkapi dengan fitur synchronize, jadi, meskipun kamu membuka aplikasi dari perangkat lain, data-data yang sudah diubah akan langsung sinkron di perangkat kamu.

Aplikasi Kasir Digital Tokou 

Setelah membaca 8 manfaat aplikasi kasir digital di atas, kamu pasti sudah tertarik menggunakan aplikasi ini, bukan? Nah, kita punya nih rekomendasi aplikasi kasir digital terbaik yang bernama Tokou.

Tokou tidak hanya menyediakan layanan kasir online saja, tapi juga memiliki layanan manajemen stok barang, mengetahui posisi meja yang tersedia, pencatatan penjualan harian, dan masih banyak lainnya.

Satu hal yang menarik dari aplikasi ini adalah biaya berlangganan yang sangat terjangkau untuk UMKM.

Harga yang mereka tawarkan mulai dari Rp 100.000/bulan untuk paket basic dengan fitur 2 akun kasir, 2 akses akun, dan pencatatan transaksi tanpa batas.

Jika masih kurang, Tokou juga ada paket medium dengan harga Rp 170.000/bulan. Di paket ini, kamu bisa mendapatkan 4 akun kasir, 4 akses akun kasir, dan pencatatan transaksi tanpa batas.

Masih kurang juga? Kamu bisa coba paket premium dengan harga Rp 270.000/bulan. Paket ini menyediakan beragam fitur custom yang dapat kamu sesuaikan sesuai kebutuhan bisnis dan tentunya jumlah akun kasir dan aksesnya jauh lebih banyak dari dua paket sebelumnya.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk pakai Tokou dan dapatkan segudang keuntungan aplikasi kasir digital untuk bisnis kamu sekarang! 

COMMENTS

Nama

Apache,4,Bisnis,1,Bisnis Online,1,Blog,10,Blogger,6,Cpanel,1,CSS,1,Database,3,Framework,1,Hacking,3,HTML,1,HTML and CSS,2,Info,2,Javascript,2,Javascript and AJAX,5,Keamanan Web,1,linux,2,Muslim,1,MySQL,5,Networking,1,Open GL,1,Optimasi Website,7,Pemrograman java,1,Pemrograman web,5,PHP,7,phpMyAdmin,1,PosgreSql,1,SEO,4,SQL,4,SQL Injection,3,SQL Server,14,SQLMap,3,UMKM,2,Umroh,1,Website,1,Wordpress,4,Xampp,1,
ltr
item
Nanang Gunawan Blog: 8 Manfaat Aplikasi Kasir Digital Untuk UMKM
8 Manfaat Aplikasi Kasir Digital Untuk UMKM
Manfaat aplikasi kasir digital untuk UMKM sangat banyak sekali. Selain memudahkan para pebisnis melakukan pencatatan atau pebisnis dapat mengontrol ma
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiWzaBGIA_3sMYLKnhrVN1JsDYDfIFLWhIQRnmINXiYbEewjVBszQ6XccrcmnwfN_lxaNh0P9aZMVpvoBXJmj3m4tux7cd2L002UQAFi6bxH8pxDxJNdyPPNDvTR2AgAIEZs7qSjeqn4ITElCUm-EJstEbF4sc7f4VrH75Ji3eIN3qbRTwKFwbOS6upm0s/w640-h426/he-holds-tablet-his-hands-keeps-record-cafe-online-program.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiWzaBGIA_3sMYLKnhrVN1JsDYDfIFLWhIQRnmINXiYbEewjVBszQ6XccrcmnwfN_lxaNh0P9aZMVpvoBXJmj3m4tux7cd2L002UQAFi6bxH8pxDxJNdyPPNDvTR2AgAIEZs7qSjeqn4ITElCUm-EJstEbF4sc7f4VrH75Ji3eIN3qbRTwKFwbOS6upm0s/s72-w640-c-h426/he-holds-tablet-his-hands-keeps-record-cafe-online-program.jpg
Nanang Gunawan Blog
https://www.nananggunawan.com/2024/03/8-manfaat-aplikasi-kasir-digital-untuk.html
https://www.nananggunawan.com/
https://www.nananggunawan.com/
https://www.nananggunawan.com/2024/03/8-manfaat-aplikasi-kasir-digital-untuk.html
true
4195327445586723627
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content