Skip to main content

Perkenalan Framework

Adakah diantara teman2 yang tau apa itu framework?
Mari kita ulas disini.. :D

Dalam dunia programming memang istilah framework sudah tidak asing lagi, bahkan framework sendiri sudah menjamur, sebagai programmer pemula saya juga di buat bingung harus pilih yang mana.. :D
Setelah saya tanya sama mbah gogol (google) :D, akhirnya saya nemu penjelasan yg mudah untuk dipahami, karna penulis memberikan penjelasan dengan menggunakan ilustrasi (nah itu yg saya suka :D), berikut penjelasannya:

Agus adalah seorang programmer freelance. Ia baru lulus kuliah dan sedang mencari kerja. Setelah cari sana sini melalui website ia kemudian mendapatkan order proyek pembuatan website. Dengan senang ia kerjakan proyek tersebut.
Ia mendesain sistem dan melakukan coding dari awal, sehingga cukup menguras energi.
Akhirnya proyek selesai dan client senang dengan pekerjaannya. Honor yang diterima lumayan besar. Kemudian client tersebut bersedia merekomendasikannya jika ada perusahaan lain yang ingin membuat website. Mission complete.
Dua minggu kemudian, perusahaan lain memesan pembuatan website dengan permintan fitur yang hampir sama dengan pemesan sebelumnya. Lansung saja proyek itu diterima dan dikerjakannya.
Agus kembali melihat kode program pada proyek pertamanya, mengedit bagian yang perlu dan menggunakannya pada proyek yang kedua, sehingga pada proyek kali ini ia berhasil mengerjakannya lebih cepat dari proyek pertama.
Dalam pembuatan proyek website kedua, Agus menyadari bahwa ada baigan-bagian perogram yang biasanya harus selalu ada untuk digunakan, misalnya kode untuk koneksi ke database MySql, membuat pagination untuk tampilan data, atau email. Dengan demikian, Agus membuat koleksi kode program yang bisa sewaktu-waktu ia gunakan jika ia membutuhkanya. Sehingga bisa menghemat tenaga dan waktunya dalam mengerjakan sebuah website.
Apa yang dilakukan Agus adalah cikal bakal sebuah framework, sehingga dalam pengertian yang sangat sederhana, framework dapat diartikan sebagai koleksi atau kumpulan potongan-potongan program yang disusun atau diorganisasikan sedemikian rupa, sehingga  dapat digunakan untuk membantu membuat aplikasi utuh tanpa harus membuat semua kodenya dari awal.

Waah rasanya kalo udah dielasin seperti itu jadi jernih deh, jadi PLONG... :D
Jadi intinya jika kita menggunakan framework, kita akan lebih menghemat waktu dalam mengerjakan pembuatan aplikasi tersebut karna kita tinggal menggunakan potongan2 program yang sudah ada.
Memang pada saat awal anda menggunakan framework anda akan dibuat pusing dengan fungsi2 yang beragam dan sangat banyak yang anda tidak ketahui apa fungsinya dan juga hal tersebut tidak sesuai dengan gaya programming anda.Tetapi hal tersebut akan terbayar setelah anda benar2 menguasai framework tersebut.
So kalo begitu, ayo belajar Framework.! :D

Referensi:
http://agiptek.com/index.php/pemograman/47-php/98-sedikit-pemahaman-tentang-apa-itu-framework.html
http://deditriyanto.wordpress.com/2008/03/28/apa-itu-framework/

Comments

  1. Oh, tak kirain framework itu hanya berlaku untuk JQuery, semacam paket mesin yang diterapkan dalam template, yang hanya bisa bekerja apabila programmer menuliskan perintahnya.

    ReplyDelete
  2. Iya mas, Jquery itu hanya salah satu dari sekian banyak framework.. :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tutorial SQL Injection Menggunakan SQLMap

Kali ini kita akan membahas tutorial hacing dengan teknik SQL Injection menggunakan tool SQLMap untuk melakukan hacking atau serangan pada website berbasis data dengan tujuan untuk menemukan kerentanan keamanan pada website tersebut. SQL Injection adalah teknik injeksi code yang digunakan untuk melakukan serangan pada aplikasi web berbasis data di mana pernyataan malicious SQL dimasukkan ke dalam entri untuk di eksekusi (misalnya untuk menampilkan konten database ke penyerang). SQL injection dapat mengeksploitasi kerentanan keamanan pada perangkat lunak aplikasi, misalnya saat user salah melakukan filter inputan untuk pengiriman karakter yang disematkan dalam pernyataan SQL atau inputan user tidak diketik dengan benar dan tanpa diduga dieksekusi. SQL Injection lebih dikenal sebagai vektor serangan untuk sebuah situs web namun juga dapat digunakan untuk menyerang semua jenis database SQL. Apa itu SQLMap SQLMap adalah salah satu tool otomatis untuk melakukan SQL Injection yang

Penjumlahan dan pengurangan tanggal di PHP

Penjumlahan (tambah) dan pengurangan (kurang) tanggal di PHP sering  kita jumpai di beberapa kasus pembuatan sistem seperti pembuatan fitur peminjaman, perizinan, pemesanan dan lain-lain. Kali ini kita akan membahas bagaimana  suatu tanggal dapat di tambah atau di kurangi dengan hari, bulan dan tahun. Ok langsung saja kita bahas materinya!

Cara install dan menjalankan SQLMap di Windows

SQLMap adalah tool yang paling populer untuk eksploitasi otomatis vulnerability SQL Injection dan pengambilalihan database. SQLMap adalah cross platform yang ditulis dalam bahasa python. Jika Anda menggunakan Backtrack maka sqlmap masuk pada paket di dalamnya. Dalam posting ini saya akan menunjukkan kepada anda bagaimana cara  setup instal dan juga bagaiman cara menjalankan sqlmap di windows . Download dan install python Karena sqlmap ditulis dalam bahasa python, hal pertama yang anda perlukan adalah python interpreter. Download python interpreter dari python.org . Ada dua seri python, 2.7.x dan 3.3.x. Sqlmap seharusnya berjalan dengan baik pada versi tersebut. Silahkan download dan install. Download dan install sqlmap Selanjutnya unduh file zip sqlmap dari sqlmap.org . Ekstrak file zip pada setiap folder. Luncurkan command prompt dan arahkan ke direktori sqlmap. Sekarang jalankan script sqlmap.py dengan python interpreter. C:\sqlmapproject-sqlmap-2defc30>python ./sqlma