Perkenalan Framework

Adakah diantara teman2 yang tau apa itu framework ? Mari kita ulas disini.. :D Dalam dunia programming memang istilah framework sudah tid...

Adakah diantara teman2 yang tau apa itu framework?
Mari kita ulas disini.. :D

Dalam dunia programming memang istilah framework sudah tidak asing lagi, bahkan framework sendiri sudah menjamur, sebagai programmer pemula saya juga di buat bingung harus pilih yang mana.. :D
Setelah saya tanya sama mbah gogol (google) :D, akhirnya saya nemu penjelasan yg mudah untuk dipahami, karna penulis memberikan penjelasan dengan menggunakan ilustrasi (nah itu yg saya suka :D), berikut penjelasannya:

Agus adalah seorang programmer freelance. Ia baru lulus kuliah dan sedang mencari kerja. Setelah cari sana sini melalui website ia kemudian mendapatkan order proyek pembuatan website. Dengan senang ia kerjakan proyek tersebut.
Ia mendesain sistem dan melakukan coding dari awal, sehingga cukup menguras energi.
Akhirnya proyek selesai dan client senang dengan pekerjaannya. Honor yang diterima lumayan besar. Kemudian client tersebut bersedia merekomendasikannya jika ada perusahaan lain yang ingin membuat website. Mission complete.
Dua minggu kemudian, perusahaan lain memesan pembuatan website dengan permintan fitur yang hampir sama dengan pemesan sebelumnya. Lansung saja proyek itu diterima dan dikerjakannya.
Agus kembali melihat kode program pada proyek pertamanya, mengedit bagian yang perlu dan menggunakannya pada proyek yang kedua, sehingga pada proyek kali ini ia berhasil mengerjakannya lebih cepat dari proyek pertama.
Dalam pembuatan proyek website kedua, Agus menyadari bahwa ada baigan-bagian perogram yang biasanya harus selalu ada untuk digunakan, misalnya kode untuk koneksi ke database MySql, membuat pagination untuk tampilan data, atau email. Dengan demikian, Agus membuat koleksi kode program yang bisa sewaktu-waktu ia gunakan jika ia membutuhkanya. Sehingga bisa menghemat tenaga dan waktunya dalam mengerjakan sebuah website.
Apa yang dilakukan Agus adalah cikal bakal sebuah framework, sehingga dalam pengertian yang sangat sederhana, framework dapat diartikan sebagai koleksi atau kumpulan potongan-potongan program yang disusun atau diorganisasikan sedemikian rupa, sehingga  dapat digunakan untuk membantu membuat aplikasi utuh tanpa harus membuat semua kodenya dari awal.

Waah rasanya kalo udah dielasin seperti itu jadi jernih deh, jadi PLONG... :D
Jadi intinya jika kita menggunakan framework, kita akan lebih menghemat waktu dalam mengerjakan pembuatan aplikasi tersebut karna kita tinggal menggunakan potongan2 program yang sudah ada.
Memang pada saat awal anda menggunakan framework anda akan dibuat pusing dengan fungsi2 yang beragam dan sangat banyak yang anda tidak ketahui apa fungsinya dan juga hal tersebut tidak sesuai dengan gaya programming anda.Tetapi hal tersebut akan terbayar setelah anda benar2 menguasai framework tersebut.
So kalo begitu, ayo belajar Framework.! :D

Referensi:
http://agiptek.com/index.php/pemograman/47-php/98-sedikit-pemahaman-tentang-apa-itu-framework.html
http://deditriyanto.wordpress.com/2008/03/28/apa-itu-framework/

COMMENTS

BLOGGER: 2
  1. Oh, tak kirain framework itu hanya berlaku untuk JQuery, semacam paket mesin yang diterapkan dalam template, yang hanya bisa bekerja apabila programmer menuliskan perintahnya.

    BalasHapus
  2. Iya mas, Jquery itu hanya salah satu dari sekian banyak framework.. :D

    BalasHapus

Nama

Apache,4,Bisnis,1,Bisnis Online,1,Blog,10,Blogger,6,Cpanel,1,CSS,1,Database,1,Framework,1,Hacking,3,HTML,1,HTML and CSS,2,Info,2,Javascript,2,Javascript and AJAX,5,Keamanan Web,1,linux,2,MySQL,3,Networking,1,Open GL,1,Optimasi Website,7,Pemrograman java,1,Pemrograman web,5,PHP,7,phpMyAdmin,1,SEO,4,SQL Injection,3,SQL Server,13,SQLMap,3,UMKM,2,Website,1,Wordpress,4,Xampp,1,
ltr
item
Nanang Gunawan Blog: Perkenalan Framework
Perkenalan Framework
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj1_mjUTFqJQTWUFrFrxJAx9VVC1v17F2JaYS-uttBuDQMtIErURmjpttpA5y66qS7JLRurhEsa3HrjgMuL4_5TQegeS5Iqwd7qqxHZsh5mB_YFTsxoDHVmlTxwe45nLiNcWnDJwBYYtNo/s320/imagesCAQX58O3.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj1_mjUTFqJQTWUFrFrxJAx9VVC1v17F2JaYS-uttBuDQMtIErURmjpttpA5y66qS7JLRurhEsa3HrjgMuL4_5TQegeS5Iqwd7qqxHZsh5mB_YFTsxoDHVmlTxwe45nLiNcWnDJwBYYtNo/s72-c/imagesCAQX58O3.jpg
Nanang Gunawan Blog
https://www.nananggunawan.com/2011/10/perkenalan-framework.html
https://www.nananggunawan.com/
https://www.nananggunawan.com/
https://www.nananggunawan.com/2011/10/perkenalan-framework.html
true
4195327445586723627
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content