Skip to main content

Menentukan atau Memilih Platform Blog


Untuk memulai membuat sebuah blog perlu menentukan beberapa hal. Salah satunya adalah menentukan apa platform blog terbaik yang harus anda gunakan? Ini adalah pilihan yang sulit, karena ada beberapa platform blogging yang berbeda yang tersedia di internet.

Meskipun ada banyak platform blog yang tersedia, di bawah ini kita akan melihat beberapa platform yang paling umum dan banyak digunakan untuk membuat blog. Jika anda tertarik dengan platform tertentu, anda bisa mengklik link untuk melompat pada bagian tersebut.
  1. Wordpress.com
  2. Wordpress.org
  3. Blogger

Apa Platform Blog Terbaik?

Sebelum membahas beberapa platform blog, ada baiknya anda mencari tahu platform seperti apa yang anda cari. Sebagai pemula, anda pasti menginginkan platform blog yang mudah disiapkan, dan tidak memerlukan keterampilan coding.

Anda juga perlu memikirkan jenis blog yang ingin anda buat, sekarang dan di kemudian hari. Seiring pertumbuhan blog anda, anda mungkin ingin mengubah tampilan situs blog anda dan menambahkan lebih banyak fitur untuk pengunjung anda yang terus bertambah seiring berjalan waktu. Itu berarti penting untuk menentukan atau memilih platform blog yang fleksibel dengan perkembangan blog anda.

Dimulai dengan platform yang salah bisa membuat sangat sulit untuk beralih di kemudian hari. Bahkan jika anda belum memiliki rencana untuk mendapatkan uang dari blog, sebaiknya anda memastikan anda memiliki pilihan untuk melakukan hal tersebut di kemudian hari.
Dengan semua itu, mari kita bandingkan beberapa platform blog terbaik untuk anda sebagai pemula.


1. WordPress.com

WordPress adalah platform blog terpopuler di dunia saat ini, hal ini didapat berdasarkan data penelitian yang diambil dari BuiltWith.com, Wappalyzer.com, W3tech.com dan SimilarTech.


WordPress.com menyimpan konten blog anda secara gratis di server mereka, hal ini sering disebut dengan istilah Hosted. Untuk menggunakan platform ini yang perlu anda lakukan hanyalah mendaftar ke akun di WordPress.com, kemudian anda bisa memulai blogging dalam hitungan menit.

Wordpress.com adalah versi terbatas dari perangkat lunak WordPress. Walaupun begitu tetap saja, ini adalah pilihan tepat bagi para blogger yang tidak mau menginvestasikan uangnya. Ini juga merupakan pilihan yang cocok bagi orang-orang yang berencana untuk meng-upgrade ke blog WordPress (Wordpress.org) yang di-host sendiri atau yang dikenal dengan istilah Self-Hosted.

Harga: Gratis

Kelebihan:
  • Tidak ada biaya set-up.
  • Mudah digunakan dan tidak memerlukan pengetahuan coding atau desain.
  • Ratusan theme pemium dan gratis yang bisa dipilih.
Kekurangan:
  • Fungsinya terbatas kecuali anda mau merogoh kocek lebih dalam lagi untuk upgrade
  • Terlihat kurang profesional.
  • Anda hanya memiliki sedikit kontrol atas pendapatan iklan pada blog anda. Anda juga tidak bisa menggunakan layanan Google adsense pada platform ini.
  • Blog anda akan menggunakan .wordpress pada url domain.

2. WordPress.org

WordPress.org atau Blog WordPress yang di-host sendiri adalah perangkat lunak WordPress yang menggunakan server pihak ketiga. Dengan itu, anda dapat menginstal plugin, mengedit kode HTML, dan banyak lagi. Platform blog ini memberi anda kendali penuh atas blog atau situs anda untuk membuatnya terlihat lebih profesional.

Blog WordPress yang di-host sendiri biasanya merupakan cara terbaik untuk siapa saja yang bersedia menginvestasikan beberapa ratus ribu per tahun. Ini sangat ideal untuk pemilik bisnis, pembangun merek profesional, dan blogger yang ingin memperluas fungsionalitas situs dan penampilan profesional mereka.

Untuk penyedia layanan hosting sudah banyak yang menyediakan baik dari dalam negeri ataupun dari luar negeri. Sebelum anda memilih jasa penyedia layanan hosting silahkan anda baca review tentang reputasi mereka di internet.

Catatan: Untuk anda yang masih bingung perbedaan WordPress.org dengan WordPress.com silahkan lihat link artikel dibawah ini.
Harga: Wordpress adalah opensource, jadi hanya anda perlu mengeluarkan biaya hosting yaitu sekitar 10.000 - 30.00 per bulan (untuk paket personal), biasanya dengan harga tersebut sudah termasuk biaya pembelian domain. Untuk panduan step by step membuat blog silahkan baca panduan memulai membuat blog.
Kelebihan:
  • User-friendly dengan opsi kontrol penuh dan penyesuaian sehingga memungkinkan untuk menggunakan layanan iklan seperti AdSense
  • Akses ke ribuan tema gratis atau premium dan juga ribuan plugin gratis dan premium.
  • Wordpress adalah plihan search engine friendly.
Kekurangan:
  • Hosting di server pihak ketiga memerlukan beberapa pengetahuan teknis, namun kebanyakan penyedia hosting menawarkan dukungan teknis yang berkualitas.
  • Karena popularitasnya, WordPress rentan terhadap ancaman keamanan.
  • Anda harus rajin update versi wordpress ataupun plugin yang digunakan setiap kali tersedia update terbaru, hal ini dilakukan karena alasan keamanan blog atau situs anda.

3. Blogger


Blogger adalah platform blog yang dibeli oleh Google pada tahun 2003 dari Pyra Labs. Karena Blogger dimiliki oleh Google, Anda akan memiliki akses ke alat Google yang lain seperti AdSense, Analytics, dll. Namun, Blogger hampir tidak sekuat WordPress.org. Platform ini sangat bagus untuk para penghobi blogger dan brand builders yang tidak ingin menginvestasikan uang tapi mungkin ingin menghasilkan uang melalui iklan.
Blogger merupakan platform blog pertama yang saya gunakan, karena memang sangat mudah digunakan dan tanpa biaya. Blogger juga merupakan platform yang bagus bagi blogger pemula yang baru mempelajari blog.

Harga: Gratis

Kelebihan:
  • Sepenuhnya gratis dan mudah digunakan.
  • Terdapat fitur untuk AdSense sehingga dapat menempatkan iklan AdSense.
  • Akses ke kode HTML, jadi ada lebih banyak pilihan penyesuaian.
Kekurangan:
  • Lebih sedikit tema dan ruang penyimpanan dibanding dengan WordPress.com.
  • Anda tidak bisa menggunakan hosting sendiri, jadi blog anda sepenuhnya bergantung pada layanan yang diberikan Blogger.
  • Blog anda akan menggunakan .blogspot pada url blog anda (jika anda belum menggunakan custom domain pada blogger)

Kesimpulan

Sekarang anda sudah tahu tentang platform blog seperti Wordpress (Hosted maupun Self Hosted) dan Blogger. Setiap platform blog memiliki sedikit perbedaan satu sama lain. Kelebihan dan Kekurangan yang dibahas dalam artikel ini cukup untuk membuat anda dapat mengambil keputusan dan menentukan platform blog mana yang akan anda gunakan. Pilihlah yang terbaik, mulailah blogging dan mulailah berkreasi.

Comments

Popular posts from this blog

Tutorial SQL Injection Menggunakan SQLMap

Kali ini kita akan membahas tutorial hacing dengan teknik SQL Injection menggunakan tool SQLMap untuk melakukan hacking atau serangan pada website berbasis data dengan tujuan untuk menemukan kerentanan keamanan pada website tersebut. SQL Injection adalah teknik injeksi code yang digunakan untuk melakukan serangan pada aplikasi web berbasis data di mana pernyataan malicious SQL dimasukkan ke dalam entri untuk di eksekusi (misalnya untuk menampilkan konten database ke penyerang). SQL injection dapat mengeksploitasi kerentanan keamanan pada perangkat lunak aplikasi, misalnya saat user salah melakukan filter inputan untuk pengiriman karakter yang disematkan dalam pernyataan SQL atau inputan user tidak diketik dengan benar dan tanpa diduga dieksekusi. SQL Injection lebih dikenal sebagai vektor serangan untuk sebuah situs web namun juga dapat digunakan untuk menyerang semua jenis database SQL. Apa itu SQLMap SQLMap adalah salah satu tool otomatis untuk melakukan SQL Injection yang

Penjumlahan dan pengurangan tanggal di PHP

Penjumlahan (tambah) dan pengurangan (kurang) tanggal di PHP sering  kita jumpai di beberapa kasus pembuatan sistem seperti pembuatan fitur peminjaman, perizinan, pemesanan dan lain-lain. Kali ini kita akan membahas bagaimana  suatu tanggal dapat di tambah atau di kurangi dengan hari, bulan dan tahun. Ok langsung saja kita bahas materinya!

Mencari Selisih Tanggal di PHP

Ini adalah panduan sederhana tentang bagaimana mencari atau menghitung selisih antara dua tanggal di PHP. Pastikan untuk mencoba contoh di bawah jika Anda baru mengenal topik ini.  Hal ini sering kita jumpai pada kasus-kasus pembuatan aplikasi berbasis web (PHP) seperti: Menghitung waktu keterlambatan pada aplikasi pencatatan presensi pegawai Menghitung umur karyawan dan masa kerja pada sistem kepegawaian Menghitung lama pengerjaan project pada sistem manajemen project Mencari atau menghitung waktu keterlambatan atau peminjaman pada sistem pustaka Mencari atau Menghitung durasi peminjaman pada sistem rental mobil/motor  dan pada kasus-kasus pembuatan sistem/aplikasi lainnya Mencari selisih tanggal di PHP menggunakan kelas DateTime Untuk mencari atau  menghitung jumlah selisih hari dari dua tanggal PHP kita akan menggunakan DateTime class dengan fungsi diff, cara ini sangat mudah karena lebih bersih dan menyediakan antarmuka OO (Object Oriented). Kelas ini tersedia pa