Perbedaan WordPress.org dan WordPress.com

Beberapa perbedaan antara WordPress.org dengan WordPress.com dan mencari tahu platform mana yang lebih baik


Wordpress adalah produk perangkat lunak gratis yang dengan cepat menjadi platform blog terpopuler di internet. Wordpress tersedia dalam dua bentuk yaitu Wordpress.com dan Wordpress.org. Tahukah Anda bahwa WordPress.com dan WordPress.org sebenarnya adalah dua platform yang berbeda? Seringkali pemula dibuat bungung oleh keduanya sehingga membuat mereka memilih platform yang salah.

Pertanyaan yang sering ditanyakan adalah apa perbedaannya dan platform mana yang paling baik, WordPress.com ataukah WordPress.org ? Untuk membantu menjawabnya, mari kita lihat perbandingan komprehensif perbedaan WordPress.com dan WordPress.org (self-hosted).

Tujuannya adalah memperlihatkan perbedaan utama antara WordPress.com vs WordPress.org, sehingga anda dapat memilih platform yang tepat untuk kebutuhan Anda.

Memilih platform yang tepat merupakan hal yang sangat penting untuk kesuksesan online anda, berikut akan disajikan perbandingan WordPress.com vs WordPress.org
Karena itu, mari kita lihat perbedaan antara self-hosted WordPress.org dengan WordPress.com.

Perbandingan WordPress.com vs WordPress.org

Cara terbaik untuk memahami perbedaan antara WordPress.com vs WordPress.org adalah melihat setiap platform secara terpisah.

WordPress.org

WordPress.org alias "the real WordPress", adalah platform situs web populer yang pernah anda dengar dari semua platform hebat.WordPress.org adalah open source dan 100% gratis bagi siapa saja untuk digunakan. Yang anda butuhkan hanyalah nama domain dan web hosting. Inilah sebabnya mengapa ini juga disebut sebagai self-hosted WordPress. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari penggunaan WordPress self-hosted untuk membangun situs web atau blog anda.

Kelebihan WordPress.org

WordPress.org memberikan anda kontrol penuh terhadap situs anda. Anda bebas melakukan apapun yang anda inginkan dan menyesuaikannya seperti yang anda butuhkan. Berikut adalah beberapa kelebihan memilih WordPress.org untuk membangun situs web anda, dan alasan mengapa harus memilihnya.
  • Gratis dan sangat mudah digunakan. (Lihat mengapa WordPress gratis?)
  • Anda adalah pemilik situs web dan semua datanya. Situs anda TIDAK akan dimatikan karena seseorang memutuskan bahwa itu melanggar persyaratan layanan mereka (selama anda tidak melakukan sesuatu yang ilegal). Anda berada dalam kendali penuh.
  • Anda dapat menambahkan plugin/aplikasi WordPress gratis, berbayar, dan khusus ke situs web anda.
  • Anda bisa menggunakan dan sesuaikan desain website anda sesuai kebutuhan. Anda bisa menambahkan theme Wordpress gratis atau berbayar yang anda inginkan. Anda juga bisa membuat desain yang benar-benar custom atau memodifikasi apapun yang anda inginkan.
  • Anda sebenarnya bisa menghasilkan uang dari situs WordPress anda dengan menjalankan iklan anda sendiri tanpa berbagi pendapatan dengan siapa pun.
  • Anda dapat menggunakan alat canggih seperti Google Analytics untuk analisis dan pelacakan kunjungan.
  • Anda bisa menggunakan WordPress yang di-host sendiri untuk membuat toko online untuk menjual produk digital atau fisik, menerima pembayaran kartu kredit, dan mengantarkan barang langsung dari situs anda.
  • Anda juga dapat membuat situs keanggotaan dan menjual keanggotaan untuk konten premium, kursus, dll dan membangun komunitas online di sekitar situs anda.
Kekurangan WordPress.org

Ada sedikit kekurangan penggunaan situs WordPress.org yang di-host sendiri.
  • Seperti semua situs web, anda memerlukan web hosting. Di sinilah file website anda tersimpan di internet. Awalnya, biayanya sekitar Rp 30.000 - Rp 100.000 per bulan. Namun seiring bertambahnya situs web dan mendapatkan lebih banyak lalu lintas, biaya hosting web akan meningkat seperti yang diharapkan, namun anda akan menghasilkan cukup uang untuk menutupi biaya tersebut.
  • Anda bertanggung jawab atas pembaruan web atau blog anda. Sebenarnya anda bisa dengan mudah mengupdate situs WordPress anda dengan hanya mengklik tombol update (1-klik), jadi tidak terlalu banyak kerja.
  • Anda bertanggung jawab untuk backup. Untungnya, ada banyak plugin cadangan WordPress yang memungkinkan anda menyiapkan backup otomatis.
Biaya sebenarnya dari situs WordPress.org bervariasi berdasarkan pada apa yang ingin anda bangun (blog sederhana, situs web portofolio, toko eCommerce, situs keanggotaan, dll.). Ada juga faktor lain seperti template gratis vs template premium, plugin gratis vs plugin premium, dll.

Dengan anggaran rendah, anda bisa membangun situs web anda dengan harga sekitar Rp 600.000 per tahun.WordPress.org selalu direkomendasikan bagi kebanyakan pengguna untuk digunakan dalam pembuatan blog atau web.

WordPress.com

WordPress.com adalah layanan hosting yang diciptakan oleh co-founder WordPress, Matt Mullenweg. Karena pendiri yang sama, seringkali pengguna membingungkan WordPress.com dengan software WordPress.org yang populer. Layanan hosting WordPress.com memiliki 5 paket plan:
  1. Free- Sangat terbatas.
  2. Personal - $ 36 per tahun
  3. Premium - $ 99 per tahun
  4. Business - $ 299 per tahun
  5. VIP - mulai dari $ 5000 per bulan


Mari kita lihat kelebihan dan kelemahan WordPress.com.

Kelebihan WordPress.com

Platform WordPress.com gratis adalah pilihan tepat bagi para penghobi blogger dan mereka yang baru memulai sebuah blog. Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan WordPress.com:
  • Gratis ruang penyimpanan sampai 3GB. Setelah itu Anda harus beralih ke paket berbayar untuk space penyimpanan yang lebih besar. (Personal Plan $ 36/tahun memberi anda 6GB, Premium Plan $ 99/tahun memberi anda penyimpanan 13GB, atau Business plan seharga $ 299/tahun untuk penyimpanan tak terbatas).
  • Anda tidak perlu khawatir tentang update atau backup. WordPress.com akan mengurusnya.
Kekurangan WordPress.com

Ada beberapa keterbatasan WordPress.com gratis yang membedakannya dari WordPress.org. Berikut adalah beberapa kelemahan menggunakan WordPress.com:
  • Wordpress.com menempatkan iklan di semua situs gratis mereka. Jadi pengunjung  anda akan melihat iklan, dan anda tidak akan mendapatkan uang dari iklan tersebut. Jika Anda tidak ingin pengunjung melihat iklan mereka, anda dapat meningkatkan versi ke paket berbayar (mulai dari $ 36 per tahun).
  • Anda TIDAK diizinkan menjual iklan di situs anda. Jika anda memiliki situs dengan trafik pengunjung yang tinggi, anda dapat mengajukan permohonan untuk program periklanan Wordpress yang disebut WordAds tempat anda berbagi pendapatan dengan Wordpress. Pengguna Premium Plan dan Business Plan dapat langsung menggunakan WordAds.
  • Anda tidak dapat mengupload plugin. Pengguna dengan paket Free mendapatkan fitur JetPack built-in yang telah diaktifkan sebelumnya. Pengguna Business Plan dapat menginstal dari pilihan plugin yang kompatibel ($ 299 / year). Program VIP Plan WordPress.com memungkinkan anda menginstal plugin, dengan biaya mulai dari $ 5000 per bulan.
  • Anda tidak dapat mengupload tema khusus. Pengguna paket gratis hanya bisa menginstal dari koleksi tema gratis yang terbatas. Pengguna Premium Plan dan Business Plan juga bisa memilih tema premium. Ada pilihan penyesuaian terbatas untuk versi Free. Pengguna Premium dan Business Plan dapat menggunakan CSS khusus.
  • Anda dibatasi untuk melihat statistik. Anda tidak dapat menambahkan Google Analytics atau memasang platform pelacakan lain yang lebih hebat. Pengguna Business Plan dapat memasang Google Analytics.
  • Mereka dapat menghapus situs anda kapan saja jika menurut mereka melanggar Persyaratan Layanan mereka.
  • Situs anda akan menampilkan link powered by WordPress.com. Ini dapat dihapus dengan upgrade ke Business Plan.
  • WordPress.com tidak menawarkan fitur eCommerce atau gateway pembayaran terpadu.
  • Anda tidak bisa membangun situs keanggotaan dengan WordPress.com.
Seperti yang anda lihat, platform hosting WordPress.com sangat terbatas saat anda menggunakan paket Free, Personal, atau bahkan Premium. Untuk membuka beberapa fitur yang lebih bagus, anda harus menggunakan Bisnis Plan ($ 299 per tahun) atau pada VIP Plan ($ 5000 per bulan).

Seringkali pengguna baru yang tidak tahu perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org akhirnya memulai membuat sebuah blog menggunakan WordPress.com gratis. Begitu mereka melihat keterbatasan platform tersebut, biasanya mereka ingin beralih ke "WordPress self hosted" alias WordPress.org.

Ya, tentu saja anda bisa beralih dari WordPress.com ke WordPress.org. Untuk memindahkan semua konten blog, anda dapat melakukannya dengan mudah. Panduan untuk beralih dari wordpress.com ke wordpress.org akan saya bahas pada artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

Apache,4,Bisnis,1,Bisnis Online,1,Blog,10,Blogger,6,Cpanel,1,CSS,1,Database,1,Framework,1,Hacking,3,HTML,1,HTML and CSS,2,Info,2,Javascript,2,Javascript and AJAX,5,Keamanan Web,1,linux,2,MySQL,3,Networking,1,Open GL,1,Optimasi Website,7,Pemrograman java,1,Pemrograman web,5,PHP,7,phpMyAdmin,1,SEO,4,SQL Injection,3,SQL Server,13,SQLMap,3,UMKM,2,Website,1,Wordpress,4,Xampp,1,
ltr
item
Nanang Gunawan Blog: Perbedaan WordPress.org dan WordPress.com
Perbedaan WordPress.org dan WordPress.com
Beberapa perbedaan antara WordPress.org dengan WordPress.com dan mencari tahu platform mana yang lebih baik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi0r3ZR_hVy_NpAG3TX5sUw4G3Nm6klh7gh69g0kfxs1a1J77NCQ7VlAA9-QXjaRcu_l26XljaB3-7SMKf3uLLF3uOCdSz30OIONySA_u9Iiy2QBngWcZ0M6K-mwm_kMDwbTvSYh_PeaNg/s1600/Perbedaan+WordPress.org+dan+WordPress.com-min.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi0r3ZR_hVy_NpAG3TX5sUw4G3Nm6klh7gh69g0kfxs1a1J77NCQ7VlAA9-QXjaRcu_l26XljaB3-7SMKf3uLLF3uOCdSz30OIONySA_u9Iiy2QBngWcZ0M6K-mwm_kMDwbTvSYh_PeaNg/s72-c/Perbedaan+WordPress.org+dan+WordPress.com-min.jpg
Nanang Gunawan Blog
https://www.nananggunawan.com/2017/08/perbedaan-wordpress-org-dan-wordpress-com.html
https://www.nananggunawan.com/
https://www.nananggunawan.com/
https://www.nananggunawan.com/2017/08/perbedaan-wordpress-org-dan-wordpress-com.html
true
4195327445586723627
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content