Skip to main content

Panduan Memulai Membuat Blog


Sebuah blog dapat anda gunakan untuk berbagi ide, keahlian, cerita, hal-hal menarik dan jika anda mau anda bisa menggunakannya untuk mempromosikan produk atau menghasilkan uang langsung dari Blog. Untuk mulai membuat sebuah Blog tidak diperlukan keahlian khusus coding seperti HTML, CSS dan PHP. Kali saya akan jelaskan panduan bagaimana cara memulai membuat sebuah blog yang menarik, indah dan tentu saja supaya tidak kalah dengan blog sukses para blogger profesional.

Blog dengan cepat menjadi salah satu tempat komunikasi terbaik dan terpopuler. Sebuah blog memungkinkan anda untuk berbagi informasi, berbagi gagasan dan menyebarkan pengetahuan kepada khalayak luas. Anda dapat menyesuaikan blog anda dengan cara apa pun yang anda inginkan agar diperhatikan dan mendapat popularitas.

Blogging memungkinkan anda menjadi penulis yang lebih baik, orang yang lebih baik, dan bahkan anda dapat menghasilkan uang jika anda mengikuti semua langkah dan mendedikasikan waktu dan sumber daya anda untuk kesuksesan blog anda.

  • [message]
    • ##check## Penting
      • Sebelum kita memulai membuat blog kita harus membuat beberapa perencanaan, banyak para blogger yang hanya bertahan beberapa bulan karena mereka tidak membuat perencanaan dengan baik, mereka hanya membuat sebuah blog instan asal jadi.

Hal ini terjadi karena mereka tidak menetukan topik secara spesifik, konten yang dibuat tidak berkualitas, promosi yang kurang tepat dan kesalahan-kesalahan umum lainnya.

Kemudian karena kesalahan tersebut mengakibatkan blog jadi sepi pengunjung dan lambat laun akan membuat bosan dan malas si pemilik blog.

Mari kita bahas beberapa hal tentang perencanaan sebelum membuat blog berikut ini:
  1. Menentukan Topik Blog
  2. Menentukan Platform Blog
  3. Membuat Blog pada Blogger
  4. Membuat Blog pada Wordpress

1. Menentukan Topik Blog

Para blogger memulai blog dengan topik yang berbeda-beda.

Beberapa contoh topik blog adalah traveling, kuliner, film, resensi buku, cerita romantis, pemasaran, politik, agama, fashion, tutorial, fotografi dll.

Jadi ... anda harus mulai dengan topik yang mana?

Apa topik atau tema blog anda? Tema atau topik dan sering disebut niche, setiap blog seharusnya memilikinya.

Yang terbaik adalah memilih bidang yang anda minati. Menulis di Blog pun bisa dinikmati. Anda akan mendapatkan kepuasan tersendiri ketika berinteraksi dengan orang lain dengan memberikan informasi yang bermanfaat. Anda bisa bertahan menulis blog dengan waktu yang lama jika anda menyukai apa yang anda tulis pada blog anda.

Sebuah niche penting karena beberapa alasan dan juga dapat menyebabkan peningkatan profitabilitas untuk platform blog anda. Pertimbangkan sumber daya yang anda miliki, seberapa mudah menarik pengiklan untuk niche ini, dan bagaimana persaingan dalam kategori niche ini?

Namun jika mendapatkan uang bukanlah fokus utama anda, pertimbangkan kemampuan dan minat anda dan tuangkan ke dalam konten blog anda. Jika anda memiliki keahlian pada niche tertentu, pasti akan bermanfaat bagi anda saat memulai membuat situs blogging pertama anda.

2. Menentukan Platform Blog

Pertanyaannya, "Bagaimana anda akan memulai sebuah blog?" Pertanyaan ini memiliki banyak alternatif jawaban. Anda bisa melakukannya pada platform blogging seperti:

    Blogger: contohnya. bloganda.blogspot.com
    WordPress Hosted: contohnya. bloganda.wordpress.com
    WordPress Self-Hosted: contohnya. bloganda.com
Dua pilihan pertama diatas adalah gratis, tetapi tetap memiliki keterbatasan. Blogger tidak meminta tambahan biaya ketika anda ingin melakukan custom domain, beda halnya dengan wordpess.com anda akan dimintai biaya jika ingin upgrade menggunakan custom domain. Biaya custom domain pada wordpress.com cukup mahal, sebaiknya anda pertimbangkan untuk menggunakan Wordpress self hosted jika ingin melakukan custom domain. Blogger adalah pilihan yang tepat bagi pemulai yang ingin memulai membuat blog tanpa mengeluarkan biaya.

WordPress adalah platform blogging paling populer dan tercepat yang berkembang menurut survei teknologi web terkini. Jutaan orang menggunakannya, termasuk saya. Itu karena WordPress mempermudah pembuatan blog anda.

WordPress mudah digunakan, bahkan untuk pemula, dan anda tidak perlu memiliki pengetahuan teknis sebelumnya untuk menggunakan dasbor mereka. Anda dapat membuat konten dan bahkan menempelkan teks dari Microsoft Word atau Google Doc untuk ditambahkan ke posting yang anda pilih.

WordPress.com vs WordPress.org (Self-Hosted)

Ada dua jenis blog WordPress. Jangan sampai anda memilih jenis yang salah! Inilah perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org.

Wordpress.org adalah pilihan yang tepat jika minat anda adalah memulai blog WordPress untuk menghasilkan uang, mengembangkan karir anda, atau mendapatkan pengikut blog WordPress.org yang self-hosted lebih profesional. Model ini disebut self-host karena anda memiliki blog dan nama domainnya.

WordPress.com menawarkan pengguna layanan hosting gratis dan nama domain gratis (yang berakhiran wordpress.com). Sangat cocok untuk pemula juga. Jadi, apa bedanya? Pada Wordpress.com anda tidak memiliki blog tersebut secara penuh.

Dengan WordPress.com anda akan mengalami keterbatasan kontrol. WordPress.com memilih iklan yang akan mereka tempatkan di situs anda sehingga mereka dapat menghasilkan pendapatan di situs blog gratis anda. Jadi anda tidak akan bisa menambahkan iklan atau dengan mudah menghasilkan uang dari blog anda pada versi itu. Jika anda bergerak pada bidang nirlaba, iklan munkin akan mengganggu pegunjung anda.

Untuk anda yang tidak terlalu memikirkan budget Wordpress self hosted adalah pilihan yang tepat.

3. Membuat Blog pada Blogger

Blogger merupakan platform blog pertama yang saya gunakan, saya memilih blogger karena memang sangat mudah digunakan dan gratis. Blogger juga merupakan platform yang bagus bagi blogger pemula yang baru mengenal dan mempelajari blog. 

4. Membuat Blog pada Wordpress

Wordpress adalah platform blog yang paling banyak digunakan oleh para blogger didunia. Wordpress.com adalah platform yang tepat bagi anda untuk memulai membuat sebuah blog yang nantinya berencana untuk migrate ke versi Wordpress self hosted.

5. Blog anda telah jadi, bagaimana selanjutnya! 

Setelah anda selesai membuat sebuah blog baik di wordpress ataupun blogger ini bukanlah akhirnya tapi inilah awalnya. Setelah melakukan semua tahapan panduan memulai membuat blog sebelumnya seharusnya sekarang anda sudah bisa untuk melakukan hal-hal berikut

  • Menentukan topik blog anda
  • Menetukan platform blog yang sesuai dengan kebutuhan anda
  • Membuat blog pada platform blog yang anda pilih

Selanjutnya kita akan belajar bagaimana caranya menulis dan mengelola blog dengan benar. Silahkan anda lihat beberapa materi dibawah ini.

Beberapa Tips untuk menulis atau membuat sebuah artikel yang bagus dan juga berkualitas sehingga di pandang baik oleh pengunjung blog dan Search Engine.

Beberapa Tips untuk mempromosikan artikel pada blog anda sehingga dapat menarik lebih banyak pembaca sekaligus meningkatkan peringkat blog anda pada Search Engine.

Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tutorial SQL Injection Menggunakan SQLMap

Kali ini kita akan membahas tutorial hacing dengan teknik SQL Injection menggunakan tool SQLMap untuk melakukan hacking atau serangan pada website berbasis data dengan tujuan untuk menemukan kerentanan keamanan pada website tersebut. SQL Injection adalah teknik injeksi code yang digunakan untuk melakukan serangan pada aplikasi web berbasis data di mana pernyataan malicious SQL dimasukkan ke dalam entri untuk di eksekusi (misalnya untuk menampilkan konten database ke penyerang). SQL injection dapat mengeksploitasi kerentanan keamanan pada perangkat lunak aplikasi, misalnya saat user salah melakukan filter inputan untuk pengiriman karakter yang disematkan dalam pernyataan SQL atau inputan user tidak diketik dengan benar dan tanpa diduga dieksekusi. SQL Injection lebih dikenal sebagai vektor serangan untuk sebuah situs web namun juga dapat digunakan untuk menyerang semua jenis database SQL. Apa itu SQLMap SQLMap adalah salah satu tool otomatis untuk melakukan SQL Injection yang

Penjumlahan dan pengurangan tanggal di PHP

Penjumlahan (tambah) dan pengurangan (kurang) tanggal di PHP sering  kita jumpai di beberapa kasus pembuatan sistem seperti pembuatan fitur peminjaman, perizinan, pemesanan dan lain-lain. Kali ini kita akan membahas bagaimana  suatu tanggal dapat di tambah atau di kurangi dengan hari, bulan dan tahun. Ok langsung saja kita bahas materinya!

Mencari Selisih Tanggal di PHP

Ini adalah panduan sederhana tentang bagaimana mencari atau menghitung selisih antara dua tanggal di PHP. Pastikan untuk mencoba contoh di bawah jika Anda baru mengenal topik ini.  Hal ini sering kita jumpai pada kasus-kasus pembuatan aplikasi berbasis web (PHP) seperti: Menghitung waktu keterlambatan pada aplikasi pencatatan presensi pegawai Menghitung umur karyawan dan masa kerja pada sistem kepegawaian Menghitung lama pengerjaan project pada sistem manajemen project Mencari atau menghitung waktu keterlambatan atau peminjaman pada sistem pustaka Mencari atau Menghitung durasi peminjaman pada sistem rental mobil/motor  dan pada kasus-kasus pembuatan sistem/aplikasi lainnya Mencari selisih tanggal di PHP menggunakan kelas DateTime Untuk mencari atau  menghitung jumlah selisih hari dari dua tanggal PHP kita akan menggunakan DateTime class dengan fungsi diff, cara ini sangat mudah karena lebih bersih dan menyediakan antarmuka OO (Object Oriented). Kelas ini tersedia pa