Panduan Memulai Membuat Blog

Panduan (langkah demi langkah) bagaimana cara memulai membuat sebuah blog yang menarik dan indah seperti blogger profesional


Sebuah blog dapat anda gunakan untuk berbagi ide, keahlian, cerita, hal-hal menarik dan jika anda mau anda bisa menggunakannya untuk mempromosikan produk atau menghasilkan uang langsung dari Blog. Untuk mulai membuat sebuah Blog tidak diperlukan keahlian khusus coding seperti HTML, CSS dan PHP. Kali saya akan jelaskan panduan bagaimana cara memulai membuat sebuah blog yang menarik, indah dan tentu saja supaya tidak kalah dengan blog sukses para blogger profesional.

Blog dengan cepat menjadi salah satu tempat komunikasi terbaik dan terpopuler. Sebuah blog memungkinkan anda untuk berbagi informasi, berbagi gagasan dan menyebarkan pengetahuan kepada khalayak luas. Anda dapat menyesuaikan blog anda dengan cara apa pun yang anda inginkan agar diperhatikan dan mendapat popularitas.

Blogging memungkinkan anda menjadi penulis yang lebih baik, orang yang lebih baik, dan bahkan anda dapat menghasilkan uang jika anda mengikuti semua langkah dan mendedikasikan waktu dan sumber daya anda untuk kesuksesan blog anda.

  • [message]
    • ##check## Penting
      • Sebelum kita memulai membuat blog kita harus membuat beberapa perencanaan, banyak para blogger yang hanya bertahan beberapa bulan karena mereka tidak membuat perencanaan dengan baik, mereka hanya membuat sebuah blog instan asal jadi.

Hal ini terjadi karena mereka tidak menetukan topik secara spesifik, konten yang dibuat tidak berkualitas, promosi yang kurang tepat dan kesalahan-kesalahan umum lainnya.

Kemudian karena kesalahan tersebut mengakibatkan blog jadi sepi pengunjung dan lambat laun akan membuat bosan dan malas si pemilik blog.

Mari kita bahas beberapa hal tentang perencanaan sebelum membuat blog berikut ini:
  1. Menentukan Topik Blog
  2. Menentukan Platform Blog
  3. Membuat Blog pada Blogger
  4. Membuat Blog pada Wordpress

1. Menentukan Topik Blog

Para blogger memulai blog dengan topik yang berbeda-beda.

Beberapa contoh topik blog adalah traveling, kuliner, film, resensi buku, cerita romantis, pemasaran, politik, agama, fashion, tutorial, fotografi dll.

Jadi ... anda harus mulai dengan topik yang mana?

Apa topik atau tema blog anda? Tema atau topik dan sering disebut niche, setiap blog seharusnya memilikinya.

Yang terbaik adalah memilih bidang yang anda minati. Menulis di Blog pun bisa dinikmati. Anda akan mendapatkan kepuasan tersendiri ketika berinteraksi dengan orang lain dengan memberikan informasi yang bermanfaat. Anda bisa bertahan menulis blog dengan waktu yang lama jika anda menyukai apa yang anda tulis pada blog anda.

Sebuah niche penting karena beberapa alasan dan juga dapat menyebabkan peningkatan profitabilitas untuk platform blog anda. Pertimbangkan sumber daya yang anda miliki, seberapa mudah menarik pengiklan untuk niche ini, dan bagaimana persaingan dalam kategori niche ini?

Namun jika mendapatkan uang bukanlah fokus utama anda, pertimbangkan kemampuan dan minat anda dan tuangkan ke dalam konten blog anda. Jika anda memiliki keahlian pada niche tertentu, pasti akan bermanfaat bagi anda saat memulai membuat situs blogging pertama anda.

2. Menentukan Platform Blog

Pertanyaannya, "Bagaimana anda akan memulai sebuah blog?" Pertanyaan ini memiliki banyak alternatif jawaban. Anda bisa melakukannya pada platform blogging seperti:

    Blogger: contohnya. bloganda.blogspot.com
    WordPress Hosted: contohnya. bloganda.wordpress.com
    WordPress Self-Hosted: contohnya. bloganda.com
Dua pilihan pertama diatas adalah gratis, tetapi tetap memiliki keterbatasan. Blogger tidak meminta tambahan biaya ketika anda ingin melakukan custom domain, beda halnya dengan wordpess.com anda akan dimintai biaya jika ingin upgrade menggunakan custom domain. Biaya custom domain pada wordpress.com cukup mahal, sebaiknya anda pertimbangkan untuk menggunakan Wordpress self hosted jika ingin melakukan custom domain. Blogger adalah pilihan yang tepat bagi pemulai yang ingin memulai membuat blog tanpa mengeluarkan biaya.

WordPress adalah platform blogging paling populer dan tercepat yang berkembang menurut survei teknologi web terkini. Jutaan orang menggunakannya, termasuk saya. Itu karena WordPress mempermudah pembuatan blog anda.

WordPress mudah digunakan, bahkan untuk pemula, dan anda tidak perlu memiliki pengetahuan teknis sebelumnya untuk menggunakan dasbor mereka. Anda dapat membuat konten dan bahkan menempelkan teks dari Microsoft Word atau Google Doc untuk ditambahkan ke posting yang anda pilih.

WordPress.com vs WordPress.org (Self-Hosted)

Ada dua jenis blog WordPress. Jangan sampai anda memilih jenis yang salah! Inilah perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org.

Wordpress.org adalah pilihan yang tepat jika minat anda adalah memulai blog WordPress untuk menghasilkan uang, mengembangkan karir anda, atau mendapatkan pengikut blog WordPress.org yang self-hosted lebih profesional. Model ini disebut self-host karena anda memiliki blog dan nama domainnya.

WordPress.com menawarkan pengguna layanan hosting gratis dan nama domain gratis (yang berakhiran wordpress.com). Sangat cocok untuk pemula juga. Jadi, apa bedanya? Pada Wordpress.com anda tidak memiliki blog tersebut secara penuh.

Dengan WordPress.com anda akan mengalami keterbatasan kontrol. WordPress.com memilih iklan yang akan mereka tempatkan di situs anda sehingga mereka dapat menghasilkan pendapatan di situs blog gratis anda. Jadi anda tidak akan bisa menambahkan iklan atau dengan mudah menghasilkan uang dari blog anda pada versi itu. Jika anda bergerak pada bidang nirlaba, iklan munkin akan mengganggu pegunjung anda.

Untuk anda yang tidak terlalu memikirkan budget Wordpress self hosted adalah pilihan yang tepat.

3. Membuat Blog pada Blogger

Blogger merupakan platform blog pertama yang saya gunakan, saya memilih blogger karena memang sangat mudah digunakan dan gratis. Blogger juga merupakan platform yang bagus bagi blogger pemula yang baru mengenal dan mempelajari blog. 

4. Membuat Blog pada Wordpress

Wordpress adalah platform blog yang paling banyak digunakan oleh para blogger didunia. Wordpress.com adalah platform yang tepat bagi anda untuk memulai membuat sebuah blog yang nantinya berencana untuk migrate ke versi Wordpress self hosted.

5. Blog anda telah jadi, bagaimana selanjutnya! 

Setelah anda selesai membuat sebuah blog baik di wordpress ataupun blogger ini bukanlah akhirnya tapi inilah awalnya. Setelah melakukan semua tahapan panduan memulai membuat blog sebelumnya seharusnya sekarang anda sudah bisa untuk melakukan hal-hal berikut

  • Menentukan topik blog anda
  • Menetukan platform blog yang sesuai dengan kebutuhan anda
  • Membuat blog pada platform blog yang anda pilih

Selanjutnya kita akan belajar bagaimana caranya menulis dan mengelola blog dengan benar. Silahkan anda lihat beberapa materi dibawah ini.

Beberapa Tips untuk menulis atau membuat sebuah artikel yang bagus dan juga berkualitas sehingga di pandang baik oleh pengunjung blog dan Search Engine.

Beberapa Tips untuk mempromosikan artikel pada blog anda sehingga dapat menarik lebih banyak pembaca sekaligus meningkatkan peringkat blog anda pada Search Engine.

COMMENTS

BLOGGER: 1

Nama

Apache,4,Bisnis,1,Bisnis Online,1,Blog,10,Blogger,6,Cpanel,1,CSS,1,Database,3,Framework,1,Hacking,3,HTML,1,HTML and CSS,2,Info,2,Javascript,2,Javascript and AJAX,5,Keamanan Web,1,linux,2,Muslim,1,MySQL,3,Networking,1,Open GL,1,Optimasi Website,7,Pemrograman java,1,Pemrograman web,5,PHP,7,phpMyAdmin,1,SEO,4,SQL,2,SQL Injection,3,SQL Server,13,SQLMap,3,UMKM,2,Umroh,1,Website,1,Wordpress,4,Xampp,1,
ltr
item
Nanang Gunawan Blog: Panduan Memulai Membuat Blog
Panduan Memulai Membuat Blog
Panduan (langkah demi langkah) bagaimana cara memulai membuat sebuah blog yang menarik dan indah seperti blogger profesional
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgNasRPUr0-3PL_YyxG2-i2TxElEn_YEzRVekgYMjuA4yXagYwFpUnm4e4ZfLkc8cZyQW1HTG6NJ24KG9sSsrPMr-3o4ODdYKfDTVbtUSWK_TkkxIBCES9SZ7hDrCg9WuOb6s-bkEBzjBA/s1600/Panduan+Memulai+Membuat+Blog.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgNasRPUr0-3PL_YyxG2-i2TxElEn_YEzRVekgYMjuA4yXagYwFpUnm4e4ZfLkc8cZyQW1HTG6NJ24KG9sSsrPMr-3o4ODdYKfDTVbtUSWK_TkkxIBCES9SZ7hDrCg9WuOb6s-bkEBzjBA/s72-c/Panduan+Memulai+Membuat+Blog.jpg
Nanang Gunawan Blog
https://www.nananggunawan.com/2017/08/panduan-memulai-membuat-blog.html
https://www.nananggunawan.com/
https://www.nananggunawan.com/
https://www.nananggunawan.com/2017/08/panduan-memulai-membuat-blog.html
true
4195327445586723627
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content